Biasanya sinyal hp kurang kuat jika sedang berada di lokasi yang jauh dari jangkauan tower, sehingga mengakibatkan sinyal hp menjadi hilang. Selain itu, jika kamu tinggal di desa yang lumayan kecil, mungkin bisa membuat sinyal sulit di dapat.

Tower yang terdapat di kota lebih banyak daripada di desa. Berikut ini beberapa cara untuk mengatasi sinyal yang hilang.

1. Gunakan Mode Pesawat Terbang

Mode pesawat terbang berfungsi untuk menonaktifkan semua aktivitas jaringan ponsel untuk tidak aktif sesuai dengan keinginan kita. Aktifkan mode pesawat terbang selama beberapa detik, kemudian matikan kembali mode pesawat terbang tersebut. Hal ini bertujuan untuk memancing sinyal android supaya lebih cepat  mendapatkan sinyal yang baru.

2. Coba Pindah ke lokasi lain

Sinyal yang hilang timbul dapat terjadi karena sinyal di lokasi anda sangat buruk. Perbedaan diluar ruangan maupun di dalam ruangan sangat berpengaruh. jika ruangan tersebut dibuat dari beton, maka sinyal akan sulit masuk. Jika kamu berada di dalam ruangan, pindahlah ke bagian lain agar untuk mendapatkan koneksi yang lebih baik. 

3. Perbarui Sistem Android Kamu

Mungkin masalah tersebut terjadi karena bugs pada sistem android sehingga menyebabkan sinyal tidak bekerja dengan baik. Maka cobalah untuk melakukan update sistem android ke versi terbaru. Biasanya pembaruan dapat memperbaiki masalah sinyal yang hilang timbul. 

4. Tes Kartu SIM

Sering meletakkan kartu di sembarang tempat mengakibatkan terjadinya goresan pada kuningan kartu. Goresan pada kartu tersebut dapat menyebabkan kerusakan pada kartu, sinyal hilang. Maka kamu harus hati-hati dalam meletakkan kartu. Coba lakukan tes atau mengecek pada kartu sim yang kamu gunakan. Hal ini dilakukan untuk melihat apakah kartu sim kamu bermasalah atau tidak.

Demikianlah beberapa cara mengatasi sinyal yang hilang yang Genemil.com jelaskan di atas. Jika memang semua cara diatas tidak berhasil maka ada cara terakhir yang bisa saya berikan kepada Anda adalah dengan membawa ke service center atau bertanya kepada yang lebih ahli.