Kembali ke tahun 90-an, ketika seseorang ingin mengabadikan momen dalam sebuah foto, pengguna harus menggunakan kamera analog/digital untuk mengambil foto. Foto-foto akan dicetak pada film klise. Meski beberapa kamera analog juga bisa langsung mencetak foto ukuran foto kecil.

Namun dengan berkembangnya teknologi dan dunia gadget, kini semua orang bisa lebih mudah dan sederhana mengabadikan momen dalam foto. Artinya, kamera digunakan pada smartphone.

Karena resolusi layar kamera pada ponsel pintar sudah mencapai puluhan hingga puluhan megapiksel, maka kamera ponsel pintar ini bisa disejajarkan dengan kamera digital profesional dalam hal kualitas gambar dan efek foto.

Membuat foto yang diambil dengan kamera smartphone memiliki kualitas gambar yang jernih dan tajam. Selain itu, smartphone masa kini juga dapat melakukan beberapa proses pengeditan agar foto yang dihasilkan terlihat seperti foto profesional, baik menggunakan fungsi bawaan maupun menggunakan aplikasi pengeditan lainnya.

Namun, akibat penempatan dan penggunaan ponsel pintar yang tidak hati-hati, lensa kamera ponsel pintar Android kita akan tergores, kotor, berembun, bahkan berjamur. Mungkin tergores di saku, kotor karena debu, atau kental saat diletakkan di tempat yang lembab, sehingga menghasilkan foto yang buruk atau buram.

Oleh karena itu tentunya diperlukan cara khusus untuk mengatasi masalah tersebut dan agar kamera handphone kembali normal, kamera handphone kita dapat digunakan kembali dan hasil foto menjadi jernih.

Lalu Apa itu Lensa Kamera Hp?

Lensa Kamera Hp adalah alat yang berfungsi sebagai mata kamera smartphone kita, dengan fungsi mengumpulkan cahaya yang ada, kemudian menyebarkannya ke dalam atau keluar kamera menggunakan sensor yang ada di smartphone. Lensa kamera pada smartphone terbuat dari kaca datar fotosensitif, yang dapat dilengkungkan secara cembung ke luar atau melengkung ke dalam.

Misalnya, kamera smartphone Xiaomi Yimi dengan ukuran lensa 42,5 mm atau kamera iPhone 12 Pro dengan ukuran lensa 65 mm.

Setelah kita mengetahui apa itu lensa kamera HP. Kali ini kami akan menjelaskan jenis-jenis lensa kamera untuk smartphone yang ada di pasaran.

Cara Mengatasi Lensa Kamera Smartphone Tergores

1.Menggunakan Pasta Gigi

Selain untuk membersihkan gigi kita, pasta gigi juga bisa digunakan untuk mengobati buram, embun, goresan dan jamur pada kamera handphone kita.

Isopropil metilfenol yang terkandung dalam pasta gigi memiliki sifat antibakteri dan antiseptik, dan diyakini dapat membersihkan lensa kamera dengan cepat sekaligus mencegah munculnya jamur.

Tak heran jika pasta gigi juga bisa digunakan untuk membersihkan kaca mobil agar terhindar dari jamur yang terkena air hujan.

2.Menggunakan Minyak Kayu Putih

Kami kutip dari situs website milik lenovoku.com, Minyak kayu putih mengandung minyak kayu putih atau 1,8-cineole yang merupakan antioksidan dan desinfektan alami yang dipercaya mampu membersihkan lensa kamera ponsel dari jamur dan menghilangkan goresan yang ada.

Maka tak heran jika minyak kayu putih juga biasa digunakan untuk membersihkan perabotan rumah tangga dan lantai kamar mandi.

3.Menggunakan Silica Gel

Cara ketiga yang akan kami jelaskan untuk mengatasi goresan, embun, dan lensa kamera ponsel berjamur adalah dengan menggunakan silikon. Silica gel adalah produk Bio Industries dan terbuat dari sodium silikat sintetis (alami). Sebagai mineral alami berbutir, silika gel dapat menyerap air tanpa mengubah komposisi materialnya.

Hal ini juga yang menjadi alasan mengapa kita sering melihat silika gel dalam kemasan box saat pertama kali membelinya, seperti sepatu kulit, pakaian, peralatan komputer, teropong dan peralatan lainnya, karena sifat silika gel dapat mencegah munculnya bakteri dan jamur. .

4.Menggunakan Penghapus Pensil

Cara keempat untuk mengatasi lensa kamera ponsel yang tergores, berkabut, dan berjamur yang akan kami jelaskan adalah dengan menggunakan penghapus pensil. Selain digunakan oleh siswa sekolah dasar untuk menghapus karakter pensil pada buku, penghapus pensil juga dapat digunakan untuk mengatasi goresan, embun, dan lensa kamera ponsel yang berjamur.

Hal ini karena penghapus pensil terbuat dari karet sintetis, vinyl, kalsium karbonat, belerang, minyak sayur, batu apung dan bahan lainnya, sehingga dapat menghilangkan dan menghilangkan jamur dari lensa kamera smartphone kita.

Inilah sebabnya mengapa penghapus pensil sering digunakan untuk menghilangkan noda (sulit dibersihkan) pada pakaian berbahan suede.

5.Menggunakan Vaseline

Cara kelima yang akan kami jelaskan untuk mengatasi goresan, embun, dan lensa kamera handphone berjamur adalah dengan menggunakan petroleum jelly. Seperti yang kita ketahui bersama, petroleum jelly merupakan produk kecantikan yang baik untuk perawatan kulit. Namun selain itu, ternyata Vaseline juga bisa digunakan untuk membersihkan jamur, bakteri atau goresan pada lensa kamera handphone kita.

Hal ini karena produk petrolatum mengandung petrolatum murni dan semi-hidrokarbon, sehingga dapat membersihkan debu, jamur, dan goresan pada lensa kamera smartphone. Inilah sebabnya mengapa Vaseline sering digunakan untuk membersihkan sepatu dan dompet kulit agar bersinar.

6.Menggunakan Cat Oles Penghilang Baret & Gores

Cara keenam mengatasi goresan, embun, dan lensa kamera berjamur yang akan kami jelaskan adalah dengan menggunakan penghapus goresan. Scratch Remover Polish adalah cat khusus yang mengandung senyawa nitroacrylic epoxy, yang secara efektif dapat menutupi goresan pada permukaan lensa kamera ponsel.

Bagi pengguna yang ingin menggunakan cat ini dapat dibeli dengan harga 100.000 di dealer mobil, department store (toko) atau toko online.