Ketahui Cara Membuat Parfum Laundry Agar Awet Wanginya

Anda pengusaha laundry yang ingin memproduksi parfum laundry sendiri? Pastinya Anda harus mengetahui cara membuat parfum laundry agar memiliki wangi yang tahan lama. Anda perlu memperhatikan beberapa langkah untuk membuat parfum laundry. Tidak boleh sembarangan mencampur bahan-bahan atau nanti pakaian yang Anda laundry bisa rusak. Baca juga bisnis laundry sepatu.

Untuk memproduksi parfum laundry yang berkualitas haruslah memiliki harum yang awet, lembut, tidak mengubah warna pakaian, dan berasal dari bibit parfum murni tanpa campuran bahan lainnya. Anda harus teliti memilih bibit untuk parfum laundry. Karena sekarang banyak pihak yang berbuat curang mencampurkan bibit parfum dengan bahan lainnya sehingga dapat merusak pakaian.

layanan antar jemput laundry

contoh kemasan keripik pisang
Bisnis syariah
Lalu bagaimana langkah membuat parfum laundry sendiri? Berikut kami sajikan langkah-langkahnya.

Langkah Atau Cara Membuat Parfum Laundry

Bahan Yang Disiapkan
Siapkan bibit parfum atau pewangi 100cc – 500 cc
Siapkan methanol dengan kuantitas kurang lebih 9500 cc
Siapkan air murni (aquades) sekitar 300 cc – 1000 cc. Atau bisa diganti dengan air RO.
Siapkan fixamax (bahan yang berguna membuat tahan lama pewangi) sekitar 50 cc – 250cc
Siapkan pewarna makanan.
Cara Membuat Parfum :
Campurkan bibit parfum yang telah disiapkan, dengan fixamax. Lalu aduk hingga merata.
Campurkanlah air murni (aquades) dengan methanol, lalu aduk rata.
Langkah selanjutnya adalah mencampur hasil campuran dari bibit parfum dengan fixamax dan aquades dengan methanol. Satukan di dalam wadah khusus. Kemudian aduk hingga campuran merata.
Masukkan sedikit pewarna makanan ke larutan yang sudah tercampur tadi. Pewarna makanan di sini hanya berfungsi sebagai pembeda jenis aroma parfum satu dengan lainnya. Anda tidak perlu mencampurkan terlalu banyak, karena dapat meninggalkan bercak noda pada pakaian.
Baca juga: contoh label keripik singkong

Hal Yang Perlu Diketahui Tentang Bahan Parfum Laundry

Ada beberapa produsen parfum laundry yang mengatakan bahwa produk mereka terbebas dari kandungan air. Hal ini tidaklah benar karena air memiliki fungsi sebagai pelembab untuk pewangi laundry agar tidak cepat menguap. Sehingga pewangi laundry tersebut kembali lagi sesuai dengan kadar yang tepat.

Namun, Anda juga perlu memperhatikan kadar air yang dicampurkan dalam pembuatan parfum laundry. Karena kadar air yang berlebihan justru akan mengakibatkan pakaian cepat bau dan apek, serta menyebabkan timbulnya jamur.

Ternyata cara membuat parfum laundry tidaklah serumit yang dibayangkan. Anda hanya perlu memperhatikan pemilihan bibit parfum dan mengaplikasikan langkah-langkah di atas dengan benar. Anda pun bisa memproduksi parfum sendiri tanpa perlu membelinya di tempat lain.

Semoga artikel ini bisa membantu bisnis laundry anda seperti bisnis laundry pakaian, bisnis laundry sepatu ataupun cuci helm.