Cara Membuat CV di Aplikasi Canva

Cara Membuat CV di Aplikasi Canva

Lampiran yang tidak boleh ditinggalkan dalam paket lamaran adalah curriculum vitae atau daftar riwayat hidup. Resume adalah salah satu hal yang harus dilampirkan dengan file lain saat melamar pekerjaan. Selain itu, memiliki resume berdampak pada penerimaan pencari kerja oleh perusahaan tempat lamaran tersebut dibuat.

Curriculum Vitae atau disebut juga Curriculum Vitae adalah lampiran yang berisi tentang data diri, latar belakang pendidikan formal dan nonformal, pengalaman kerja, keahlian pencari kerja, dll. Oleh karena itu, curriculum vitae memegang peranan yang sangat penting dalam portofolio kandidat, karena dapat memudahkan HRD untuk berkonsultasi atau mencari data kandidat.

Untuk membuat CV tidak perlu menggunakan komputer atau laptop, Anda juga bisa membuat CV menggunakan HP Android. Sebenarnya ada banyak cara untuk melakukan resume di Android. Berawal langsung dari internet, saat ini sudah banyak website yang menawarkan pembuatan resume online. Selain itu, ada banyak aplikasi pembuat resume gratis di playstore, termasuk Canva, aplikasi yang dapat membantu Anda membuat resume. Selain CV Anda, aplikasi ini juga memungkinkan Anda untuk membuat poster iklan dan sebagainya.

Pada artikel kali ini admin akan membagikan tutorial cara membuat direct resume di android menggunakan aplikasi canva. Ada 2 kemungkinan. Untuk informasi lebih lanjut, lihat tutorial berikut:

Cara Pertama

  • Buka aplikasi Canva dan tunggu beberapa saat hingga aplikasi dimuat. Saat tampilan berubah seperti gambar di bawah, tap kotak pencarian dan masukkan “Curriculum Vitae” atau “Curriculum Vitae”.
  • Setelah itu akan muncul beberapa pilihan template CV seperti gambar di bawah ini, pilih salah satu dengan cara tap pada template tersebut (disarankan untuk memilih template yang di-highlight gratis).
  • Setelah ditekan, tampilan berubah sebagai berikut: Kemudian tinggal modifikasi template sesuai keinginan dan kebutuhan Anda. Mengeditnya juga sangat sederhana, cukup tap pada bagian yang ingin diedit dan edit sesuka Anda.

Cara Kedua

Pada tutorial pertama, kami memeriksa cara membuat CV menggunakan template yang tersedia dan kemudian mengeditnya sesuai dengan persyaratan CV kami. Namun tidak semua template yang tersedia sesuai selera, pasti ada sebagian dari kita yang ingin mendesain CV dengan desain kita sendiri.

Untuk cara kedua ini admin juga memberikan tutorial cara membuat CV dari awal atau sederhana. Untuk informasi lebih lanjut, lihat ulasan tutorial di bawah ini:

  • Di halaman utama aplikasi Canva, ketuk tombol plus yang ditunjukkan oleh panah pada gambar di bawah ini:
  • Kemudian masuk ke halaman seperti pada gambar dibawah ini, Pilih atau tap Curriculum Vitae dengan ukuran 21×29.7cm. Jika opsi tidak tersedia, coba masukkan CV / Curriculum Vitae di kotak pencarian.
  • Setelah itu masuk ke halaman edit seperti gambar dibawah ini masih terlihat simple dan tidak ada apa-apa.
  • Untuk membuat resume, disarankan untuk menambahkan judul atau karakter yang menunjukkan bahwa itu adalah resume. Jadi tambahkan CV ke CV yang Anda buat dan letakkan di atas atau sesuka Anda. Untuk melakukan ini, cukup tekan tombol plus hitam yang ditunjuk panah pada gambar di atas dan tampilan seperti berikut akan muncul:
  • Pilih teks dengan huruf T dan layar seperti ini akan muncul:
  • Seperti yang bisa dilihat pada gambar di atas, ada 3 pilihan ukuran frasa yang berbeda, pilih yang lebih besar atau tambahkan yang ada judulnya.
  • Setelah itu kalimat tersebut akan muncul pada halaman pengeditan seperti gambar dibawah ini,
  • Untuk mengedit teks, ketuk Edit, Hapus dari menu tarik-turun di bawah dan ubah ke Lanjutkan.

Menambahkan Gambar Pada CV

  • Peran foto dalam CV sangat penting agar HRD dapat mengetahui kondisi fisik kandidat.
  • Untuk menambahkan foto, tekan tombol plus, lalu unggah dan tampilan akan berubah seperti gambar di bawah ini:
  • Ketuk tombol Unggah Media, temukan foto yang ingin Anda tambahkan, lalu ketuk foto tersebut.
  • Tunggu hingga proses upload foto selesai. Jika sudah, tap foto tersebut dan akan langsung muncul di halaman edit.
  • Selanjutnya tinggal anda kreasikan sendiri foto tersebut, Seperti Tempat Peletakannya, Ukuran nya Dan Lain – lain.

Metode di atas hanyalah tutorial dasar tentang cara membuat resume di aplikasi Canva untuk membantu Anda untuk menggunakan aplikasi ini. Untuk selanjutnya mungkin bisa anda kreasikan sendiri, Karena Aplikasi Canva cukup mudah untuk di gunakan. Ditambah terdapat banyak fitur – fitur yang dapat membuat CV yang di buat akan lebih menarik lagi.

Sumber Artikel Terlengkap : htttps://sapamudik.id/