Lantai vinyl memang tengah populer dijadikan pelapis lantai. Namun motifnya yang bervariasi terkadang membuat orang ingin terus-terusan berganti. Oleh karena itu tidak ada salahnya mempelajari bagaimana cara melepas lantai vinyl tanpa meninggalkan bekas.

Cara Melepas Lantai Vinyl

Langkah-Langkah Cara Melepas Lantai Vinyl

Cara melepas lantai vinyl sebenarnya cukup mudah, Anda bisa melakukannya sendiri tanpa bantuan dari orang lain. Hanya saja harus hati-hati agar tidak meninggalkan bekas di lantai. Karena pasti ada sisa-sisa lem yang masih menempel di bawahnya.

  1. Bersihkan Lantai Dengan Sapu

Sebelum memulai prosedur pelepasan vinyl sebaiknya bersihkan terlebih dahulu lantai dari kotoran dan juga debu-debu yang ada. Bila perlu pel dengan air biasa saja dan biarkan sampai benar-benar kering. Baru bisa masuk ke prosedur selanjutnya.

Jika masih terasa kotor usahakan bersihkan menggunakan vacum cleaner saja. Karena dengan alat tersebut Anda bisa memastikan permukaannya siap dilepas. Adanya debu halus bisa mengakibatkan perekat membekas ke lantai.

  1. Mulai Dari Sudut

Setelah memastikan lantai sudah bersih maka Anda bisa memulainya dari sudut terlebih dahulu. Mulai kelupas pelan-pelan lembar per lembarnya. Tidak bisa dilakukan secara bersamaan karena benar-benar harus diperhatikan detailnya.

Saat melepas Anda bisa menggunakan air agar lem perekat bisa pudar dan tidak membekas pada lantai. Perciki saja secukupnya tidak perlu sampai diguyur dalam jumlah banyak. Lakukan berulang lembar demi lembar agar hasilnya rapi.

  1. Segera Hilangkan Bekas

Jika Anda ingin menemukan lem yang membekas pada permukaan lantai, maka secepatnya hilangkan dengan air. Jangan memakai alat tajam karena hanya akan memperburuk keadaan lantai tersebut. Harus sabar dan telaten.

Jika memang Anda kesulitan menghilangkan bekas maka cukup tetesi dengan air sedikit demi sedikit. Kemudian kikis menggunkan jari tapi jangan terlalu keras. Perlu diingat cara ini bukan untuk vinyl lantai rumah sakit, hanya vinyl model biasa saja.

Proses melepas vinyl sebenarnya tidak lama, tergantung dengan banyaknya saja atau luas ruangan tersebut. Selain memperhatikan kerapian, jangan gunakan dua kali pada ruangan lain. Jika tidak mau repot bisa pakai jasa yang tahu betul cara melepas lantai vinyl.