Cara Install Windows XP di Virtual Box perlu diketahui oleh para pengguna aplikasi windows.  Sebelum membahas cara menginstall lewat virtual box, ada baiknya akan diuraikan sedikit mengenai virtualbox barangkali ada yang belum mengetahuinya.  Virtualbox sebenarnya termasuk dalam salah satu virtual machine.

Virtual Machine itu sendiri merupakan sebuah perangkat lunak yang fungsinya untuk melakukan eksekusi sistem operasi tambahan di dalam sistem operasi utama yang telah ada.  Virtualbox sangat dibutuhkan terutama pada saat ingin melakukan ujicoba atau simulasi suatu sistem dengan tidak kehilangan sistem yang telah ada.

Jadi bagi anda yang saat ini sudah mungkin sudah menginstall windows 7 atau windows 10 di laptop atau komputer anda namun suatu saat anda membutuhkan menggunakan aplikasi windows Xp.  Nah inilah fungsi dari virtual box.  Dengan menggunakan virtual box anda dapat menginstall windows Xp tanpa harus menghapus windows lain yang telah ada di laptop anda. Cara Install Windows Xp di virtual box patut di ketahui untuk memudahkan anda melakukannya sehingga tidak gagal saat melakukan install.

Cara Instal Windows XP di Virtual Box yang wajib diketahui

Cara install windows XP di Virtual Box ada beberapa tahap yang harus dilakukan. Berikut ulasan lengkapnya yang dilansir langsung melalui laman resmi Catat.net.

Install Virtual box

Sebelum dijelaskan cara install windows XP di Virtual Box maka anda terlebih dahulu diwajibkan untuk menginstall virtual box dalam laptop ataupun komputer anda. Adapun caranya sebagai berikut

  1. Klik 2 kalli file setup virtualBox
  2. Nanti akan muncul tampilan kata-kata Welcome to the oracle VM( klik next)
  3. Anda tinggal pilih next lagi hingga muncul kotak bertulis “warning :network interfaces”.  Artinya saat proses instalasi berlangsung maka hubungan ke jarigangan akan diputus.
  4. Selanjutnya pilihlah install agar memulai proses install. Anda diminta menunggu selama proses instalasi.
  5. Kemudian akan muncul kotak dialog “windows security” tugas anda beri tanda centang pada kalimat “always trust” lalu klik install
  6. Jika proses instalasi telah selelai anda tinggal memilih finish

Install Windows XP dengan menggunakan Virtual Box

Setelah menginstall VirtualBox dalam laptop anda maka langkah selanjutnya yang  dilakukan yaitu menginstall Windows XP di virtualbox.  Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :

  • Dari tampilan awal menu pilih New
  • Selanjutnya anda akan muncul kotak dialog dengan kata-kata Create New Virtual Machine. Pada intruksi ini anda hanya memilih Next
  • Anda diminta untuk menentukan OS yang akan dijadikan OS Guest selanjutnya beri diberi nama Virtual Machine sesuai keinginan. Karena yang akan divisualisasikan Windows XP maka diberi nama Windows XP saja. Lalu selanjutnya pilih Next jika telah memilih jenis OS.
  • Tentukan besar memory (RAM) yang akan digunakan oleh virtual machine nantinya
  • Beri tanda centang pada staru up disk lalu pilih create new hard disk. Pilih Next
  • Selanjutnya anda diminta untuk menentukan type file yang akan digunakan. Anda bisa memilih default contohnya VDI(Virtual Box Disk Image) terus tekan next
  • Pilih ukuran dari virtual hard disk yang akan digunakan.
  • Atur juga dimana lokasi virtual hard disk akan dibuat. Jangan lupa untuk menentukan maksimum hardisk misalnya 8 GB
  • Pada kata summary dari create new virtual disk anda memilih Create
  • Kemudian akan muncul tampilan dari Windows Xp
  • Selanjutnya pilih setting untuk browse file iso windows xp
  • Pilih storage lalu pada storage tree klik empty
  • Sekarang klik oke