Saat membangun sebuah brand, ada lebih dari satu step yang akan Anda lalui. Mulai berasal dari menyebarnya kesadaran terhadap merk Anda sampai pelanggan yang jadi loyal. Ketika merk Anda merasa berdiri, kesadaran terhadap merk adalah kunci utama untuk berkembangnya sebuah brand.

Semakin banyak orang yang paham dan paham bahwa merk Anda ada, maka makin lama besar pula kesempatan bagi merk Anda untuk berkembang. Setelah merk Anda berkembang, langkah selanjutnya yang penting untuk Anda melaksanakan adalah menaikkan merk loyalty. Brand loyalty adalah ukuran seberapa setia dan loyalnya costumer Anda terhadap brand. Semakin tinggi tingkat merk loyaltynya, maka akan makin lama besar pula kesempatan untuk merk Anda bertahan.

Fungsi Brand Loyalty Untuk Brand

Memiliki merk loyalty yang tinggi berarti, mempunyai costumer bersama dengan tingkat komitmen yang tinggi pula. Dengan kata lain, costumer akan tetap pilih merk Anda daripada merk lain. Berikut adalah manfaat merk loyalty untuk merk Anda.

 

1.Menarik Pelanggan Baru

Jika seorang pelanggan merasa puas dan yakin kepada suatu brand, maka pelanggan selanjutnya akan memakainya terus menerus. Setelah merasakan kepuasan terhadap produk, pelanggan kebanyakan akan merekomendasikan produk yang dipakai kepada keluarga dan orang-orang terdekatnya untuk gunakan produk yang sama. Pelanggan yang loyal akan jadi advokat merk Anda dan menarik pelanggan baru untuk merk Anda.

 

2. Meningkatkan Penjualan

Jika costumer mempunyai komitmen yang tinggi terhadap suatu branding agency jakarta, maka costumer selanjutnya akan belanja produk atau jasa merk selanjutnya secara terus menerus. Tidak cuma itu, jikalau merk Anda mengeluarkan produk baru, pelanggan terhitung akan tertarik mencobanya, supaya secara tidak langsung akan menaikkan penjualan perusahaan Anda.

 

3.Mengurangi Biaya Pemasaran

Jika Anda mempunyai merk loyalty yang besar maka akan berpengaruh terhadap ongkos pemasaran yang dikeluarkan. Biaya pemasaran yang dikeluarkan untuk menjaga pelanggan akan lebih murah dibandingkan mesti melacak costumer baru. Hal ini karena Anda udah mempunyai data pelanggan dan paham tempat mana yang bisa efektif menjangkau pelanggan Anda.

 

4. Memberi sementara untuk merespon ancaman pesaing

Brand loyalty akan mengimbuhkan sementara dan kesempatan terhadap perusahaan untuk merespon ancaman pesaing. Jika pesaing lain mengeluarkan produk baru, maka pelanggan yang loyal akan mengimbuhkan sementara terhadap perusahaan untuk melaksanakan pengembangan produk yang dihasilkan bersama dengan langkah sesuaikan atau mengadakan inovasi untuk bisa bersaing bersama dengan produk baru pesaing.

Melalui penjelasan tentang manfaat merk loyalty di atas, bisa ditarik anggapan bahwa merk loyalty adalah kunci keberhasilan sebuah brand. Semakin tinggi tingkat merk loyalty suatu brand, maka akan makin lama kuat sebuah merk bertahan.