Saat hamil, kenaikan berat badan sangat penting karena menjadi salah satu tolak ukur kesehatan ibu hamil dan janinnya. Dengan mengalami kenaikan berat badan yang ideal, maka dapat diketahui pertumbuhan dari janin, karena naiknya berat badan saat hamil bukan hanya sekedar bertambahnya lemak, tetapi juga karena pertumbuhan dan perkembangan janin, volume darah, plasenta dan lainnya. Meski sebagian ibu hamil tidak mengalami kesulitan dalam menaikan berat badannya saat hamil, tak jarang juga ibu hamil yang mengalami berat badan sulit naik saat hamil.

Berikut beberapa peyebab kenapa berat badan sulit naik saat hamil:

Penyebab berat badan sulit naik yang pertama adalah Hilangnya nafsu makan karena mual dan muntah (morning sickness) saat awal kehamilan. Umumnya kondisi ini dialami saat memasuki trimester pertama.Selanjutnya yang mengakibatkan berat bada sulit naik karena tidak memperhatikan gizi dalam makanan yang diasupnya, hanya asal makan tanpa memperdulikan kandungan nutrisi yang dibutuhkan janin.Mengalami gangguan pencernaan. Jadi meskipun ibu mengkonsumsi makanan bergizi, tetap kurus dan tidak mengalami kenaikan berat badan. Contohnya saja jika mengalami masalah pada gigi, yang membuat ibu tidak dapat mengunyah dengan baik sehingga makanan tidak dicerna dengan baik.Memiliki riwayat kesehatan seperti penyakit jantung atau paru-paru yang dapat menghambat peredaran darah sehingga menyebabkan pendistribusian nutrisi dan oksigen terganggu.Diet ketat saat hamil untuk menjaga tubuh tetap langsing. Padahal hal ini tidak baik bagi pekembangan dan pertumbuhan janin.

Melihat pentingnya kenaikan berat badan saat hamil, tentu saja ini masalah yang serius bagi ibu hamil yang mengalami kesulitan menaikan berat badannya. Berikut ini ada beberapa tips yang dapat dilakukan agar berat badan bertambah saat hamil:

Memilih makanan bernutrisi yang mengandung lemak sehat dan kalori yang cukupSarapan setiap hari, ibu dapat menambahkan selembar keju atau selai kacang pada roti untuk menambah asupan protein pada tubuhMenambahkan biji-bijian atau kacang-kacangan dan alpukat ke dalam salad, sehingga ibu dapat mendapatkan asupan protein dan juga lemak sehat.Mengkonsumsi snack di antara jam makan. Ibu dapat memilih yogurt untuk mendapatkan asupan kalsium dan protein. Sedangka untuk asupan serat, vitamin dan mineral, buah-buahan kering dapat menjadi pilihan. Agar lebih menambah selera, ibu dapat membuat smoothie yang terbuat dari yogurt dan buah.Mengganti soda dengan susu agar kebutuhan protein dan kalsium yang cukup. Ibu dapat juga menggantinya dengan jus buah yang jelas jauh lebih sehat dibanding minuman bersoda.

Demikian bunda ulasan mengenai penyebab berat badan sulit naik saat hamil. Semoga membantu dan menambah wawasan bunda tentang masalah kehamilan.