SOS, Barcelona Harus Berani Melakukan 5 Perubahan Fundamental Ini jika  Tidak Ingin Menjadi Klub Medioker - Spanyol Bola.com

Tim sepak bola raksasa Spanyol, Barcelona FC terancam tersingkir dari Liga Champions di babak 16 besar. Hal ini disebabkan Barcelona mengalami kekalahan telak 1-4 dari Paris Saint Germain di kandangnya sendiri. Sehingga Barcelona akan sangat sulit mengejar mereka saat bertandang ke kandang Paris Saint Germain di Prancis. 

Ini merupakan pertama kalinya dalam sejarah Barcelona mengalami kekalahan beruntun di Camp Nou di Liga Champions UEFA. 

Di La Liga sendiri, Barcelona berada di urutan ketiga klasemen sementara, yang terpaut delapan poin dari pimpinan klasemen Atletico Madrid yang mempunyai satu pertandingan di tangan. Dengan begitu, hanya ada keajaiban saja yang bisa membuat Barcelona menjuarai liga domestik.  

Ada beberapa hal yang harus dilakukan Barcelona untuk mencegah situasi semakin buruk.

  • Segera Singkirkan Pemain Tua

Dalam hal ini, Barcelona harus mempunyai sistem yang lebih berfokus pada pemain-pemain muda. Karena mereka saat ini sangat tergantung pada para pemain veteran yang masanya sudah lewat. 

Perlu diketahui bahwa ada lima dari pemain senior Barca berusai di atas 30 tahunan dan sebagian besar sedang dalam fase menurun performanya. Diantaranya adalah Gerard Pique berusia 34 tahun,  Sergio Busquets 32 tahun, Lionel Messi 33 tahun, Jordi Alba 31 tahun dan Miralem Pjanic 30 tahun. 

Sementara Martin Braithwaite, Sergi Roberto, dan Antoine Griezmann semuanya 29 tahun. Sedangkan Coutinho dan Marc-Andre ter Stegen berusia 28 tahun. Jika melihat daftarnya, akan mudah untuk menentukan siapa saja diantara meraka yang rapornya merah. 

Untuk penyegaran tim, Barca harus berani menyingkirkan pemain-pemain yang minim kontribusi yang usianya sudah tidak muda lagi. Apalagi keberadaan mereka hanya menambah beban keuangan klub saja. 

Selain itu, Barca juga perlu menjual pemain terlebih dahulu sebelum mereka dapat membeli pemain yang baru. Sudah saatnya untuk melepaskan beberapa pemain tua yang selama ini menjadi pemain pilar tim sehingga mereka bisa memulai pembangunan kembali skuad yang baru dan lebih fresh tentunya. 

  • Segera Beli Striker

Melepas Luiz Suarez dari tim menjadi bumerang bagi Barca sendiri. Padahal striker asal Uruguay ini memiliki karir yang cukup gemilang bersama Barcelona dengan performanya yang cukup mempesona sebagai mesin gol. Ia dikeluarkan dari tim dengan tidak pantas yang semestinya dihargai sebagai pemain legenda dengan jasanya yang begitu besar untuk tim. 

Keputusan tersebut membuat polemik dan menimbulkan protes keras, bahkan Lionel Messi pun secara terbuka mengungkapkan kekecewaannya atas tindakan klub. 

Dengan tidak adanya Suarez, Barca menjadi kesulitan untuk mencetak banyak gol, terutama di paruh pertama musim. Martin Braithwaite belum produktif sebagai pencetak gol, dan Griezman Koeman tidak konsisten menjadi mesin gol pada musim ini. Bahkan, Ronald Koeman harus mengandalkan pemain muda berusia 18 tahun, Ansu Fati untuk mencetak gol di awal musim. Untuk itu, Barcelona harus membeli striker baru yang lebih fresh dan produktif.

  • Lebih Hati-Hati Dalam Membeli Pemain

Kondisi keuangan klub Barcelona saat ini terlilit utang cukup besar karena terjadinya pemborosan yang mereka lakukan di pasar transfer. Barca menghabiskan banyak uang untuk akuisisi Antoine Griezman, Ousmane Dembele, dan Philipe Coutinho. Banyak pemain mahal yang direkrut tapi tidak cocok dengan gaya permainan Barcelona sehingga hasilnya mubajir. 

Oleh karena itu, Barcelona harus lebih hati-hati dalam pembelian pemain ke depannya. Mereka harus benar-benar membeli pemain yang cocok dengan style Barcelona yang selama ini kita kenal dengan permainan tika tikinya.

Mungkin itu saja berita bola kali ini tentang Barcelona, semoga ada guna dan manfaatnya khususnya bagi para fans Barca.