Memilih bahan apa yang Anda ingin bingkai Anda dibuat dari adalah salah satu keputusan kunci untuk membuat ketika membeli sepeda.

Bingkai sepeda telah terbuat dari berbagai bahan yang berbeda selama bertahun-tahun, dengan baja awalnya mendominasi. Sekarang pilihan utama adalah antara aluminium dan serat karbon, meskipun baja dan titanium masih memiliki fitur umum.

Setiap bahan bingkai memiliki pro dan kontra, tergantung pada prioritas Anda sebagai pengendara, termasuk berat badan, anggaran, umur panjang dan karakteristik kinerja yang Anda inginkan dari bingkai dan, sebagai hasilnya, sepeda.

Apa Harga Kusen Aluminium sifat utama dari aluminium, baja, titanium dan serat karbon untuk dipertimbangkan ketika datang untuk membeli sepeda?

Kami berbicara dengan dua ahli untuk mencari tahu: Richard Lambert dari spesialis sepeda titanium dan baja Inggris Enigma, dan Liam Glen, seorang insinyur mekanik yang saat ini bekerja untuk Airbus, serta menjadi mantan pengendara sepeda profesional dan pemenang lomba bikepacking Highland Trail 550 2021 (kami punya galeri Stooge Cycles Scrambler kecepatan tunggal Liam). Bingkai aluminium

Aluminium adalah logam masuk untuk anggaran ke bingkai mid-range, memberikan kombinasi berat badan rendah, kekakuan dan keterjangkauan yang sulit dikalahkan. Paduan atau aluminium? Bingkai aluminium sering disebut sebagai “paduan”, meskipun semua logam yang digunakan untuk bingkai sepeda secara teknis adalah paduan.

Anda akan sering melihat bingkai aluminium yang disebut sebagai “paduan”. Itu karena aluminium murni akan terlalu lunak untuk terbentuk menjadi bingkai sepeda, sehingga dicampur dengan elemen lain untuk mengubah sifat fisiknya.

Bahkan, semua bingkai sepeda logam terbuat dari paduan untuk alasan yang sama. Baja itu sendiri merupakan paduan besi, dan titanium sebagian besar dicampur dengan aluminium dan vanadium.

Ketika datang ke bingkai aluminium, angka-angka seperti 6061 dan 7005 – dua paduan aluminium yang paling umum digunakan – adalah kode untuk aditif (terutama silikon dan magnesium) yang dicampur dengan aluminium untuk membentuk setiap paduan. Setiap ‘resep’ memiliki sifat yang sedikit berbeda. Bagaimana rangka sepeda aluminium https://canopybandung.com/harga-kusen-aluminium-bandung/ dibuat?

“Semua logam memiliki rasio kekuatan terhadap berat yang sangat mirip,” kata Glen. “Ini adalah faktor-faktor seperti lebar https://canopybandung.com/ tabung dan ketebalan dindingnya yang lebih penting daripada kekuatannya.”

Relatif mudah untuk memanipulasi tabung aluminium untuk memberikan sifat yang berbeda sepanjang panjangnya dan tabung aluminium biasanya dilempar, untuk memastikan kekakuan di tempat yang dibutuhkan, dan menghemat berat di tempat yang tidak. Apa itu butting tabung? Butting membantu menghemat berat badan di tempat yang tidak diperlukan, dan meningkatkan kekuatan dan kekakuan di tempat itu.

Bike tubing, apa pun yang terbuat dari, biasanya butted. Ini berarti lebih tebal di ujungnya, di mana ada lebih banyak stres dan Anda membutuhkan lebih banyak bahan untuk sambungan ke tabung lain, sementara itu lebih tipis di tengah untuk menghemat berat badan.

Tabung pengukur lurus konsisten sepanjang ketebalannya, dengan sifat yang konsisten untuk dicocokkan. Tabung beretung tunggal lebih tebal di satu ujung (misalnya, di persimpangan braket bawah), tabung berempes ganda lebih tebal di kedua ujungnya dan tabung triple-butted semakin mengurangi ketebalan di tengah tabung.

Butting hanyalah bagian dari cerita dan Anda akan sering melihat bingkai paduan premium yang digambarkan sebagai “hidroformed”, yang menggambarkan proses mengadaptasi bentuk tabung menggunakan cairan bertekanan tinggi dan cetakan.

Sepeda aluminium kelas atas lebih maju dari sebelumnya dan proses ini dapat membantu membentuk bentuk kompleks untuk mempengaruhi karakteristik bagian tertentu dari bingkai, termasuk berat, kekuatan dan kenyamanan. Banyak bingkai aluminium terbaru juga menampilkan fitur desain aerodinamis.

Tabung aluminium biasanya dilas bersama untuk membuat bingkai. Lasan mentah bisa sangat bergelombang dalam penampilan, tetapi ini sering dihaluskan setelah pengelasan untuk tampilan yang lebih bersih pada bingkai premium. Ini juga membantu menghemat sedikit berat badan. Setelah bingkai aluminium dilas, itu akan dipanaskan untuk mengembalikan paduan ke kekuatan penuhnya.

“Anda menerapkan banyak panas ke area lokal [saat pengelasan], yang dapat mengubah sifat logam secara lokal dan membuat lasan menjadi area terlemah,” kata Glen. Tempering setelah pengelasan membantu meringankan ini. Apa sifat dari bingkai aluminium? Sepeda jalan aluminium terbaru dapat menghasilkan tumpangan agar sesuai dengan rekan-rekan serat karbon mereka.

Steve Sayers / Media Langsung

Aluminium adalah bahan yang digunakan untuk sebagian besar rangka sepeda yang lebih murah tetapi masih merupakan pilihan populer untuk beberapa bingkai yang lebih mahal dan berfokus pada kinerja, baik di jalan maupun, khususnya, untuk sepeda gunung.

Sementara sifat yang tepat dari rangka paduan aluminium akan bervariasi dari satu sepeda ke sepeda berikutnya, biasanya relatif ringan dengan tingkat kekakuan yang tinggi, kuat dan sekitar seperlima dari harga serat karbon.

Bingkai paduan sebenarnya bisa lebih ringan dari serat karbon dengan harga yang sama, meskipun bingkai karbon yang mahal akan selalu lebih ringan. Aluminium sangat cocok untuk bersepeda gunung yang kasar dan jatuh.

Ian Linton / Media Langsung

Aluminium jauh lebih padat dari baja.

Akibatnya, bingkai aluminium dapat dibuat dengan tabung besar untuk mencapai tingkat kekakuan yang tinggi, dengan dinding yang lebih tebal, sementara masih lebih ringan. Menurut Ribble, ketebalan dinding tabung dari rangka paduan aluminium biasanya akan dua kali lipat dari baja, dengan diameter tabung di wilayah 20-30% lebih besar.

Bingkai aluminium secara historis memiliki reputasi tidak nyaman, karena kekakuan relatif dari bahan dan kurangnya penyerapan kejut, tetapi teknik pembuatan bingkai terbaru, serta tren menuju ban yang lebih luas pada sepeda jalan, berarti banyak sepeda paduan menawarkan kualitas berkendara yang jauh lebih baik.

Sementara bingkai aluminium menawarkan keseimbangan kekuatan, kekakuan, dan bobot rendah yang mengesankan, paduan aluminium dapat rentan terhadap kelelahan jangka panjang, tidak seperti baja dan titanium.

Namun, bingkai aluminium cenderung kurang rentan terhadap kerusakan atau kerusakan yang tidak disengaja daripada bingkai karbon. Akibatnya, aluminium tetap menjadi bahan bingkai yang populer di semua sepeda gunung, serta menjadi pilihan cerdas bagi pembalap jalanan privateer dengan anggaran terbatas. Kelebihan bingkai sepeda aluminiumRasio kekakuan terhadap beratKeterjangkauanLebih tahan lama dari karbonKontra dari rangka sepeda aluminiumKekakuan dapat menghasilkan kualitas perjalanan yang kerasKelelahan aluminium dari waktu ke waktuSulit diperbaikiRangka baja

“Baja itu nyata”, seperti pepatah lama, dan merupakan bahan yang secara tradisional digunakan untuk bingkai sepeda.

Bahkan, baja adalah pokok dari frame building selama sekitar 100 tahun, bahkan pada tingkat pro, sampai pertengahan 1990-an, ketika bingkai paduan aluminium mulai mengambil alih – dengan hanya mantra singkat di peloton jalan pro – dan bingkai serat karbon pertama dicoba. Lugged atau dilas? Colnago, master bingkai yang ditarik.

Ada dua metode konstruksi utama untuk rangka baja, baik menggunakan lugs atau tidak.

Bingkai lugged melihat tabung ditempatkan ke dalam lugs baja cor di sendi mereka kemudian membual bersama-sama. Bingkai tanpa lugs memiliki sambungan tabung yang dilas bersama atau fillet direbus.

Konstruksi lugged dulu umum, dengan rangka baja klasik sering memiliki lugs sangat rumit resah, tetapi pengelasan cenderung menghasilkan bingkai yang lebih ringan dan ada lebih sedikit pembersihan yang diperlukan daripada dengan membual, yang biasanya menghasilkan kelebihan bahan pada sendi yang perlu dihapus sesudahnya. Baja adalah pilihan masuk untuk bingkai sepeda selama lebih dari 100 tahun.

Felix Smith / Media Langsung

Di sisi lain, menurut Glen, brazing membutuhkan suhu yang lebih rendah daripada pengelasan, jadi kemungkinan akan ada lebih sedikit perubahan sifat baja, yang mengarah ke sambungan yang lebih kuat.

Seperti tabung dalam bingkai paduan aluminium, tabung baja biasanya dilempar untuk membuatnya lebih ringan. Ada lebih banyak variasi dalam bentuk tabung dalam bingkai baja modern, daripada bagian bulat tua. Berbagai macam baja Reynolds telah memproduksi tabung baja sejak tahun 1898.

David Caudery/Media Langsung

Sebagian besar sepeda baja yang berpikiran kinerja terbuat dari baja kromoly, dengan baja tarik tinggi terlihat pada bingkai murah dan low-end.

Komposisi baja yang berbeda memiliki sifat yang berbeda. Reynolds 531 adalah paduan klasik yang digunakan untuk bingkai sepeda, dengan 531 mengacu pada proporsi mangan, karbon dan molibdenum dalam paduan.

Ada lebih banyak pilihan sekarang, meskipun, dari penyedia tubeset termasuk Dedacciai dan Columbus.

Lambert menunjuk ke berbagai komposisi tabung yang berbeda dan profil yang tersedia untuk baja, yang katanya tidak sama untuk tabung bingkai lainnya. Itu berarti Anda dapat membangun bingkai yang sangat kokoh untuk tur atau yang beratnya lebih ringan, tergantung pada apa yang dipilih.