dengan kemampuan untuk mengumpulkan dan menganalisis sejumlah besar data dan kemampuan untuk memprediksi tren masa depan dan mengotomatiskan tugas yang memakan waktu Kecerdasan buatan mengubah strategi pemasaran. Lihat caranya di sini.

Temukan masa depan pemasaran digital.

Data telah lama menjadi bahan bakar yang mendukung pemasaran digital. Keberhasilannya ditentukan oleh kemampuan perusahaan untuk memanfaatkan sepenuhnya sumber daya ini dalam batasan yang diberlakukan oleh peraturan privasi data.

Di sinilah AI masuk dan bagaimana AI mengubah masa depan pemasaran digital.

Karena jumlah informasi yang tersedia bagi pemasar telah meningkat secara eksponensial. Begitu juga kebutuhan untuk mengetahui bagaimana menggunakan informasi ini dengan lebih baik.

Ini menjelaskan mengapa adopsi AI tumbuh secara eksponensial dalam beberapa tahun terakhir – dari 29% pemasar pada 2018 menjadi 84% hanya dua tahun kemudian (Salesforce).

Berdasarkan hal ini, Anda pasti pernah mendengar tentang AI tetapi tidak yakin tentang nilainya dan cara menggunakannya. Baik sekarang maupun di masa depan

Jangan takut, bantuan sedang dalam perjalanan!

Apa itu kecerdasan buatan?

Kecerdasan buatan – atau singkatnya AI – adalah cabang ilmu komputer yang luas yang merancang mesin untuk melakukan tugas-tugas yang seringkali membutuhkan kecerdasan manusia.

Sederhananya, ini memungkinkan perangkat lunak untuk berpikir, membaca, dan bereaksi seperti manusia ketika diberi cukup data untuk dikerjakan. Ini juga memungkinkan mesin untuk belajar dari pengalaman dan menyesuaikan perilakunya dengan realitas data baru tanpa campur tangan manusia.

Dalam beberapa tahun terakhir, AI telah menjadi alat penting di banyak industri. Ini termasuk perawatan kesehatan, keuangan dan pemasaran, teman-teman kita.

semuanya ada di sekitar kita Ini mendukung segalanya mulai dari Siri dan pengenalan wajah. ke mobil self-driving asisten cerdas dan chatbots. Tetapi banyak aplikasi dan alat AI berjalan diam-diam di latar belakang. Membuat hidup semua orang lebih mudah

Akhirnya berakhir dengan uang

Kecerdasan buatan populer karena menghemat uang perusahaan. Misalnya, Netflix memperkirakan telah menghemat lebih dari $1 miliar dengan mengoptimalkan mesinrekomendasinya dengan pembelajaran mesin.

Ini juga bisnis besar.Pada tahun 2025, pasar AI global diharapkan bernilai $190,6 miliar. yang 8 kali lebih banyak dari tahun lalu ( MarketsandMarkets )

 

Apa manfaat pemasaran AI?

Dikutip dari Digital Agency ID mengenai apa itu digital marketing, Digital marketing adalah sebuah strategi pemasaran yang menggunakan media digital untuk menjangkau pelanggan dan mengajak mereka untuk membeli produk atau layanan.

Di masa lalu, pemasar enggan mengintegrasikan kecerdasan buatan ke dalam sistem dan proses mereka.

Ini telah berubah secara dramatis dalam lima tahun terakhir. Pemasar saat ini memiliki pemahaman yang lebih baik tentang nilai yang dibawa AI ke pekerjaan mereka:

ROI pemasaran yang lebih tinggi: AI belajar dari sumber data seperti prospek, konversi, dan interaksi situs web. Untuk merampingkan seluruh siklus penjualan sambil mengotomatiskan banyak tugas – mengurangi biaya strategi pemasaran digital Anda.

Pengalaman Pelanggan yang Lebih Baik: AI memungkinkan pemasar untuk meningkatkan perjalanan konsumen dengan komunikasi yang lebih terarah dan personal yang disampaikan pada saat yang tepat – meningkatkan reputasi merek dalam prosesnya.

Meningkatkan Efisiensi: AI Membantu Perusahaan Otomatiskan tugas yang menghabiskan waktu seperti email dan postingan media sosial. meningkatkan kecepatan dan akurasi Sementara karyawan bebas bekerja untuk mendapatkan hasil maksimal dari sentuhan manusia.

Utilitas Data Lebih Banyak: AI meningkatkan kemampuan Anda untuk menganalisis sejumlah besar data yang Anda miliki dengan cepat dan akurat. Ini memungkinkan Anda untuk mengintegrasikan perilaku dan tren konsumen ke dalam strategi pemasaran Anda.

Data Konsumen yang Ditingkatkan: AI memungkinkan Anda membuat prediksi tentang perilaku pelanggan berdasarkan data historis. Perbarui semuanya dari level stok untuk rekomendasi pelanggan dan harga produk.

Privasi yang ditingkatkan: Kemampuan AI untuk memanfaatkan data dalam jumlah besar secara instan memungkinkan hiperpersonalisasi strategi pemasaran Anda. Integrasikan perilaku masa lalu dan prediksi masa depan ke dalam penawaran konten.

Konten yang lebih baik: AI menganalisis segmen segmentasi dan data historis dengan cepat untuk menentukan konten yang akan ditanggapi dengan baik oleh setiap pelanggan. serta metode pengiriman yang paling efisien

Contoh Kecerdasan Buatan dalam Pemasaran

AI dapat mempermudah setiap aspek pekerjaan pemasar. Dan temukan solusi untuk dukungan pelanggan, SEO, privasi data, dan lainnya.

Anda dapat membaca tentang beberapa contoh pemasaran AI yang luar biasa di bawah ini:

 

chatbot

Ini adalah gambar umum di internet. Dan kebanyakan dari mereka didukung oleh AI tanpa keterlibatan manusia. Ini adalah cara yang berguna untuk mengumpulkan informasi pribadi pengguna Internet. dan memelihara jaringan pipa timah baru terus menerus tanpa perlu campur tangan manusia

 

email Pemasaran

Kecerdasan buatan mengotomatiskan banyak tugas yang biasanya dilakukan pemasar email. Sekarang dapat mengevaluasi kampanye sebelumnya dan menggunakan informasi tersebut untuk secara otomatis membuat berita utama yang kuat, seperti menulis konten dan merekomendasikan gambar yang tepat.

 

Pengelolaan hubungan pelanggan

Kecerdasan buatan membantu perusahaan Dapatkan pemahaman menyeluruh tentang bagaimana pelanggan berinteraksi di semua saluran pemasaran. CRM yang didukung AI juga membantu perusahaan mengurangi “keputusan”, memprediksi penjualan, dan mengoptimalkan penjualan. dan mengelola informasi pribadi Jaga agar tetap terorganisir dan up-to-date. dan membantu perusahaan memenuhi kewajiban perlindungan data mereka.

 

situs web

Perangkat lunak berkemampuan AI membantu perusahaan Mampu menganalisa performa website secara detail Dengan menganalisis pengunjung situs web, rasio pentalan, peta kepadatan, dan lainnya – informasi yang dapat digunakan untuk meningkatkan kinerja situs web dan berbagi dengan pengalaman pengguna. Anda bisa membuatnya di jasa buat web

 

Masa depan pemasaran ada di sini.

Karena jumlah data online terus tumbuh secara eksponensial, begitu pula pentingnya AI. Karena kemampuan untuk menganalisis data dalam jumlah besar dengan cepat dan membuat keputusan yang akurat.

Butuh waktu lama sebelum mesin bisa seefektif manusia dalam semua tugas pemasaran. Tetapi inovasi akan menutup kesenjangan dalam waktu dekat. Dan itu akan lebih efektif dalam meningkatkan strategi pemasaran digital dan memberi perusahaan wawasan tentang tren dan perilaku konsumen.

Oleh karena itu, AI akan terus menjadi alat penting bagi pemasar digital sekarang dan di masa mendatang.Dari perspektif ini, masa depan sudah sangat dekat.