Seserahan ialah sisi dari acara lamaran dan pernikahan di mana faksi keluarga pria memberi beberapa barang untuk sang wanita. Dibalik acara ini, ada arti isi seserahan pernikahan dan lamaran yang penting Anda ketahui. Lantas, apa isi seserahan pernikahan?

Arti Seserahan Pernikahan dan Lamaran yang Perlu Anda Tahu

Tetapi, awalnya Anda pun perlu ketahui jika seserahan lamaran tunangan dan pernikahan bermakna berlainan. Berbeda seserahan lamaran dan pernikahan yang paling mencolok ialah barang-barangnya.

Beberapa orang yang menduga jika seserahan lamaran dan pernikahan sama . Maka, agar tidak salah Anda perlu ketahuinya lebih dulu. Dalam artikel ini kita bukan hanya mengulas artinya saja, tapi juga ketidaksamaan antara ke-2 nya.

Arti Seserahan Pada Lamaran dan Pernikahan

Seserahan sebagai tradisi atau budaya yang temurun dilaksanakan pada suatu acara lamaran dan pernikahan. Arti dari seserahan yakni memberi barang ke si wanita sebagai wujud kesetiaan dan penghargaan.

Ketidaksamaan seserahan lamaran dan pernikahan dapat disaksikan dari arah ke-2 acara itu. Seserahan pernikahan ialah acara yang harus dan berkesan lebih resmi. Ini karena serangkaian pernikahan tersebut benar-benar keramat.

Dalam pada itu, acara lamaran cuma mempunyai tujuan untuk mengenalkan keluarga dari ke-2 faksi dan mengikat jalinan yang lebih serius. Tidak ada ketetapan khusus berkenaan barang apa yang harus diikutkan saat seserahan lamaran.

Perbedaan Seserahan Lamaran dan Pernikahan

Walau acara lamaran dikerjakan saat sebelum pernikahan dan sepintas berkesan sama. Tapi, sebenarnya ada ketidaksamaan dari ke-2 nya. Berikut ketidaksamaan seserahan lamaran dan pernikahan:

  1. Seserahan Pernikahan Harus Mengikutkan Mas Kawin

Dalam pernikahan, mas kawin jadi barang yang wajib ada pada seserahan. Umumnya mas kawin berbentuk seperangkatan alat sholat, perhiasan, dan uang kontan. Pemberian mas kawin dalam pernikahan jadi hal yang harus.

  1. Seserahan Pernikahan Memprioritaskan Barang untuk Pengantin

Walau seserahan pernikahan diberi oleh faksi mempelai pria, tapi tidak jawang isi pada seserahan itu diperuntukkan untuk ke-2 mempelai. Misalkan peralatan masak atau baju tidur wanita dan pria.

  1. Seserahan Lamaran Memprioritaskan Barang untuk Faksi Wanita

Berlainan dengan seserahan pernikahan, seserahan lamaran cuma memprioritaskan barang untuk faksi wanita dan keluarganya saja. Secara umum, barang yang ada pada seserahan yakni makanan, minyak wangi, dan make-up.

  1. Tipe Makanan dan Seserahan

Baik itu seserahan lamaran atau seserahan pernikahan sering mengikutkan makanan. Tetapi, tipe makanan yang ada pada ke-2 tipe seserahan sudah pasti berlainan.

Secara umum, makanan yang ada pada seserahan lamaran yakni makanan tradisionil seperti kue basah. Dalam pada itu, makanan dalam seserahan pernikahan ialah makanan yang memiliki makna untuk ke-2 mempelai.

Tersebut arti seserahan pernikahan dan lamaran yang penting Anda ketahui dan bedanya. Yakinkan untuk pilih isi seserahan pernikahan sesuai keperluan dan apa yang diharapkan mempelai wanita.