Argumen yang tidak valid digunakan dalam fungsi Excel. Misal, untuk menulis mata uang, tulislah uang sejumlah Rp. 1.000.000 tidak perlu memasukkan rupiah (Rp), titik (.), Dan koma (,) secara manual. Tetapi gunakan format sel dengan jenis mata uang agar argumennya benar

Harganya terlalu tinggi atau terlalu rendah. Misalnya, menghitung hasil 10 ^ 1000 (10 pangkat 1000) terlalu besar untuk melebihi kemampuan excel

Baca juga yuk mengenai obs studio pada tautan tersebut.

1. Error #NUM = artinya rumus excel menghasilkan nilai numerik yang tidak valid atau melebihi batasan excel.

Kesalahan #NUM biasanya disebabkan oleh beberapa hal, seperti: Argumen tidak valid yang digunakan pada fungsi Excel, seperti menulis mata uang, mengetik Rp 1.000.000 tanpa harus memasukkan IDR (IDR), titik (.), Dan koma (,) secara manual.

Sebagai gantinya, gunakan format sel dengan tipe mata uang untuk membuat argumen valid. Nilai yang terlalu besar atau terlalu kecil. Misalnya, menghitung hasil 10 ^ 1000 (10 pangkat 1000) terlalu besar untuk melebihi kemampuan excel.

2. Error #VALUE = artinya formula menggunakan tipe data yang salah

Tipe kesalahan ini akan muncul saat menerapkan rumus atau rumus Excel tetapi sel referensi berisi sesuatu selain angka (numerik). Misalnya, kami ingin menambahkan angka dengan rumus (= B2 + C2) di mana salah satu atau kedua sel berisi teks, jadi hasilnya pasti #VALUE!

3. Error #NAME? = artinya rumus excel tidak mengenali defined name, nama tabel, atau nama fungsi

#NAMA? tampaknya karena kesalahan ketik, atau nama sebenarnya tidak ada di file excel. Misalnya, kami belum membuat nama yang ditentukan DATA1 sehingga Excel tidak mengenali nama DATA1. Contoh lainnya adalah ketika Anda ingin menulis rumus = SUM, tetapi menulis = SUN.

4. Error #DIV/0! = artinya rumus excel membagi sebuah nilai atau angka dengan angka nol (0) atau sel kosong.

Tentu kita semua tahu, jika bilangan dibagi dengan 0 (nol) atau kosong, hasilnya tak terhingga atau tak terhingga. Jadi Anda bisa mengatakan # DIV / 0! tampaknya memiliki nilai yang tak terbatas.

5. Error #NULL! = artinya rentang sel (Cell Range) yang kita masukan kedalam rumus tidak mengacu pada range sel yang benar..

Ini paling sering terjadi jika Anda tidak memasukkan pemisah argumen dalam rumus. Contoh = SUM (A2; B4) akan mengembalikan pesan kesalahan #NULL karena Excel tidak dapat mengenali rentang sel A2; BA harus menulis A2: B4 atau = SUM (A2: B4).

6. Error #REF! = artinya rumus excel yang digunakan mengacu pada referensi sel yang tidak valid atau salah.

Biasanya sel yang sebelumnya digunakan sebagai referensi akan dihapus atau dipindahkan atau sel berada di buku kerja lain yang tidak terbuka atau tidak tersedia. Misalnya, nilai total diperoleh dari nilai QUIZ + UTS + UAS dan kemudian nilai QUIZ secara tidak sengaja dihilangkan (tidak ada perubahan rumus) yang menyebabkan pesan kesalahan #REF!

7. Error #N/A = artinya rumus tidak menemukan nlai yang direferensikan atau rumus menghasilkan nilai yang tidak ada

Pesan ini biasanya ditampilkan saat menggunakan fungsi LOOKUP, VLOOKUP, HLOOKUP, dll., Di mana lookup_value harus cocok atau cocok dengan nilai referensi, jika tidak membuat kesalahan # N / A.

8. ####### = artinya sel atau kolom tidak cukup menampilkan isi sel.

Faktanya, tanda ### #### terkadang bukan kesalahan, tetapi ini adalah tanda bahwa sel tidak dapat menampilkan konten sel, jadi satu-satunya cara untuk melakukannya adalah dengan meningkatkan ukuran sel hingga konten sel. muncul. Namun, ada kesalahan ketika tanda ### #### ditampilkan saat mengubah nomor penambang (-) ke format tanggal, misalnya -21 jika diubah ke format Tanggal atau tanggal yang sesuai akan menyebabkan pesan #### ###

9. #GETTING_DATA = excel membutuhkan waktu lebih untuk mendapatkan hasil dari suatu fungsi

Pesan #GETTING_DATA biasanya akan ditampilkan jika rumus Excel memiliki referensi sel bercabang dan cukup kompleks, sehingga Excel membutuhkan waktu lebih lama untuk mencari hasil rumus tersebut.

Demikian postingan ini, tentunya dengan mengetahui arti dari pesan error tersebut, kita dapat dengan mudah memperbaiki error yang kita temukan. Tetap fokus dan jangan lupa bagikan pengetahuan Anda.

Cari info seputar m-bca bagi kamu yang ingin membaca sebuah tips perbankan.