Makna atau definisi pekerjaan menurut KBBI dapat dimaknai dengan dua cara. Pertama, makalah adalah makalah formal tentang suatu subjek yang dimaksudkan untuk dibaca publik di pengadilan dan sering disusun untuk publikasi. Kedua, pekerjaan diartikan sebagai karya tulis siswa sebagai laporan hasil pelaksanaan tugas sekolah atau universitas.

Apa Perbedaan Makalah dan Paper?

Biasanya, penelitian literatur atau laporan yang ada tentang pelaksanaan kegiatan lapangan dibahas atau ditinjau. Secara umum artikel yang dipublikasikan disajikan dalam bentuk seminar, kajian atau diskusi. Makalah ini juga memuat beberapa bagian utama yang perlu disajikan yaitu pendahuluan, isi dan kesimpulan.

Naskah kini telah menjadi teks akademis yang biasa digunakan untuk mendokumentasikan studi baru. Namun, tidak mengandung artikel yang juga digunakan untuk mereview penelitian yang sudah ada. Makalah ini juga memiliki tiga bagian utama yang harus dimiliki, yaitu Topik, Data, dan Argumen.

Ciri-ciri Makalah

  • Secara umum makalah memiliki karakteristik yang mudah dikenali, yaitu:
  • Bahasa yang digunakan adalah bahasa formal dan sesuai dengan notasi yang diperpanjang (EYD).
  • Isinya menggambarkan seberapa banyak siswa memahami tentang suatu masalah.
  • Berisi kombinasi beberapa referensi yang disaring berdasarkan topik pembahasan.

Cara membuat kertas yang baik dan benar

Jadi buat anda yang masih bingung bagaimana cara membuat kertas. Berikut ini cara membuat selembar kertas sederhana yang dapat Anda gunakan untuk menyelesaikan sesuatu.

Tentukan subjeknya

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah mengidentifikasi topik yang ingin Anda liput. Anda perlu memilih topik yang Anda sukai dan menarik untuk dibahas, karena penentuan topik akan mempengaruhi tingkat keberhasilan makalah dan perkiraan waktu yang dibutuhkan untuk mengerjakan makalah. Sebisa mungkin pilih topik yang Anda pahami agar lebih mudah dibahas.

Penentuan judul

Sekarang setelah Anda memutuskan topik yang ingin Anda liput, langkah selanjutnya adalah menentukan judul kertas yang ingin Anda buat. Buat judulnya menarik, spesifik, dan jelas. Dengan cara ini judul dapat mewakili subjek makalah dan penyusunan makalah hanya berfokus pada topik pembahasan.

Kumpulkan bahan referensi

Cobalah untuk mengumpulkan bahan referensi dan gunakan bahan referensi dari sumber yang jelas. Bahan referensi bisa Anda dapatkan dari berbagai jenis majalah, buku, dan artikel di Internet. Apalagi dengan artikel internet, pastikan sumbernya jelas dan bisa dipertanggungjawabkan. Ini penting untuk menjaga kredibilitas makalah Anda.

Baca makalah referensi tentang topik serupa

Sebelum Anda mulai menulis, pastikan untuk membaca artikel yang berbeda dari sumber berbeda yang subjeknya sama. Ini bisa menguntungkan Anda, memberi Anda gambaran tentang seperti apa tulisan di selembar kertas.

Namun, ingatlah untuk membatasi jumlah artikel lain yang Anda baca agar tidak kehilangan fokus pada topik makalah. Yang terpenting, jangan meniru karya orang lain.

Catat isi kertas secara sistematis

Tahap proses ini didasarkan pada struktur sistematis makalah, dimulai dengan pendahuluan dan diakhiri dengan kesimpulan yang jelas. Jangan pernah berhenti menulis tesis karena akan menimbulkan topik diskusi yang tidak jelas.

Gunakan bahan referensi yang Anda miliki sebagai bahan pembelajaran untuk membuat makalah. Dengan cara ini, hasil diskusi dapat dijustifikasi dari makalah.

Penambahan Kutipan

Kutipan seringkali dibutuhkan dalam isi makalah diskusi untuk memperkuat data yang diperoleh dalam penulisan itu sendiri. Ada dua jenis kutipan: kutipan langsung dan tidak langsung.

Tanda kutip langsung adalah fonta yang sesuai dengan aslinya tanpa diubah. Kutipan tidak langsung adalah penulis makalah yang memotong bagian tertentu dari sumber dan menggabungkannya dengan pendapatnya sendiri.

Lagi butuh jasa buat makalah? bisa kunjungi tautan tersebut, jasa pembuatan makalah bisa untuk mata kuliah / mata pelajaran apa saja & murah.