Anda Harus Tahu! Inilah Kelebihan dan Kekurangan Linux

 

Hadisurahman.idSeperti yang kita ketahui, Linux adalah salah satu sistem operasi yang biasa dijalankan pada perangkat komputer atau laptop. Linux merupakan salah satu alternatif dari sistem operasi Windows yang saat ini paling banyak digunakan.

Pada dasarnya, Linux Ubuntu adalah salah satu sistem operasi yang open source yang menjalankan sistemnya melalui GNU dengan kernel Linux.

Di Indonesia sendiri, sistem operasi Linux sudah banyak digunakan. Meskipun ketenarannya tidak bisa mengalahkan windows dan machintos.

Nah, pada kesempatan kali ini, kami akan berbagi mengenai kelebihan dan kekurangan dari sistem operasi Linux. Dimana artikel ini bisa menjadi informasi tambahan serta menjadi pertimbangan bagi anda saat ingin membeli PC dengan sistem operasi Linux.

Kelebihan Sistem Operasi Linux

1. Open Source

Seperti yang saya sebutkan sebelumnya, Linux adalah sistem operasi yang berbasis open source. Itu artinya, para pengguna tidak membutuhkan lisensi atau software resmi layaknya pada windows, sehingga siapa saja dapat menggunakan sistem operasi ini. Selain itu, para penggunanya juga diberikan kebebasan untuk mengembangkan dan berkontribusi agar sistem operasi ini lebih baik lagi.

2. Aplikasi Bawaan Bisa Dibilang Lengkap

Jika anda membeli PC dengan sistem operasi Linux, maka bundle aplikasi yang akan anda dapatkan cukup beragam dan lengkap. Linux telah menyediakan aplikasi-aplikasi yang biasa digunakan untuk kegiatan sehari-hari seperti microsoft office, multimedia, arsip dan masih banyak lagi. Berbeda dengan windows, dimana pembelian PC biasanya terpisah dengan software penting seperti MS. Office.

3. Tahan Virus

Kelebihan dari sistem operasi Linux lainnya adalah tahan terhadap serangan dari virus. Namun, kemungkinan untuk diserang virus tentunya masih ada. Jika dibandingkan dengan windows, maka Linux memiliki kekebalan serta resiko yang lebih rendah.

4. Driver Lebih Lengkap

Seperti yang kita ketahui, driver semakin lama semakin berkembang. Salah satu yang menjadi favorit dari sistem operasi ini adalah driver yang relatif lengkap sehingga penggunanya tidak perlu khawatir.

5. UI (User Interface)

Tampilan antarmuka atau yang biasa disebut dengan User Interface pada sistem operasi Linux bisa dibilang sangat bagus dan nyaman untuk dipandang. Tampilan yang futuristik pada menu, teks, ikon dan lainnya menjadikan enak untuk dilihat. Bukan hanya itu, para penggunanya juga bisa mengubah tampilannya sesuai dengan keinginan.

6. Software Center yang Bisa Diandalkan

Software center yang dimiliki oleh sistem operasi Linux bisa dibilang dapat diandalkan, mudah dan cepat. Sehingga anda bisa menginstall aplikasi tertentu dan dalam waktu yang cepat.

Kekurangan Sistem Operai Linux

1. Kurang Cocok Untuk Permainan

Buat kalian para ga mer, jika kalian ingin membeli PC untuk bermain permainan, maka tidak disarankan untuk membeli PC dengan sistem operasi Linux. Hal ini dikarenakan sebenarnya permainan saat ini lebih banyak kompatibel pada sistem operasi windows.

2. Jumlah Aplikasi Bisa Dibilang Sedikit

Bukan hanya permainan, jumlah aplikasi yang memang dibuat untuk sistem operasi Linux sangat sedikit bila dibandingkan dengan Windows.

3. Perlu Adaptasi

Jika anda terbiasa menggunakan sistem operasi windows, kemudian dihadapkan dengan sistem operasi Linux, mungkin anda akan merasakan kebingungan. Karena tampilan antar muka dari dua sistem operasi ini berbeda. Oleh karena itu, anda perlu beradaptasi saat pertama kali menggunakan sistem operasi ini. Namun, jika anda sudah terbiasa, hal ini tidak menjadi masalah.

Normal
0

false
false
false

EN-ID
X-NONE
AR-SA

/* Style Definitions */
table.MsoNormalTable
{mso-style-name:”Table Normal”;
mso-tstyle-rowband-size:0;
mso-tstyle-colband-size:0;
mso-style-noshow:yes;
mso-style-priority:99;
mso-style-parent:””;
mso-padding-alt:0cm 5.4pt 0cm 5.4pt;
mso-para-margin-top:0cm;
mso-para-margin-right:0cm;
mso-para-margin-bottom:8.0pt;
mso-para-margin-left:0cm;
line-height:107%;
mso-pagination:widow-orphan;
font-size:11.0pt;
font-family:”Calibri”,sans-serif;
mso-ascii-font-family:Calibri;
mso-ascii-theme-font:minor-latin;
mso-hansi-font-family:Calibri;
mso-hansi-theme-font:minor-latin;
mso-bidi-font-family:Arial;
mso-bidi-theme-font:minor-bidi;
mso-fareast-language:EN-US;}