Tahukah Anda bahwa ada banyak cara untuk membuat rumah terlihat lebih mewah meskipun tidak terlalu luas dan besar ruangannya. Membuat rumah terlihat mewah, tidak harus mengeluarkan biaya banyak untuk melakukan renovasi.

Selama Anda tahu cara untuk mendekorasi dan mengatur ruangan, Anda tidak harus melakukan renovasi untuk membuat rumah terkesan mewah. Memainkan dekorasi dan penataan yang tepat akan memberikan tampilan dan nuansa rumah yang nampak elegan, bagaimana caranya?

Tips Mengatur Rumah Agar Terlihat Mewah

Dekorasi pada dasarnya adalah memasukkan pikiran dan energi untuk menciptakan rumah yang mewah, cantik dan elegan.

Ruangan yang didekorasi dengan baik bisa memberikan tampilan yang luar biasa sekalipun rumah Anda hanyalah tipe 36 atau bahkan 21. Berikut adalah beberapa tips untuk mendekorasi rumah agar terlihat mewah :

1.     Pilih Warna Cat yang Tepat

Warna cat yang tepat pasti bisa menyatukan ruangan dan bisa membuat tampilan rumah lebih fresh dan bisa menciptakan kesan elegan. Jika semua furniture Anda berwarna netral, maka pertimbangkan untuk menambahkan warna pada dinding.

Pastikan untuk menemukan beberapa dekorasi rumah dengan warna yang Anda inginkan terlebih dahulu sehingga dapat memilih cat dinding yang sekiranya tepat. Jangan sampai Anda membuat kesalahan dalam memilih warna cat.

Mengecat kembali rumah Anda akan membuat perubahan yang menyegarkan mata. Anda juga dapat mengecat kembali furniture dengan warna baru. Ada banyak sekali cat warna khusus untuk furniture yang membuat perlengkapan rumah Anda nampak mewah.

Jangan lupa untuk mendekorasi kembali dapur Anda dengan mengecat dinding dan menambahkan backsplash yang cantik. Dengan penambahan backsplash, maka akan membuat granit dapur terlihat mewah karena warna gelap mengalihkan perhatian siapapun yang memandang.

2.     Lakukan Teknik Wainscottings

Wainscottings adalah jenis panel kayu yang dipasang di bagian bawah dinding. Pada zaman dahulu, teknik ini digunakan sebagai cara untuk menambahkan isolasi ekstra ke dinding. Namun saat ini, wainscottings atau panelling ini banyak digunakan untuk alasan dekoratif.

Teknik dekorasi dinding ini biasanya terdiri dari potongan cetakan yang disatukan dalam bentuk persegi atau persegi panjang di dinding. Cukup susun dekorasi dinding ini  dengan pola persegi atau persegi panjang dan pasang menggunakan paku finishing.

Dengan teknik ini, Anda bisa merasakan tampilan rumah menjadi lebih elegan. Jangan lupa untuk mewarnai cetakan dengan warna yang sama dengan dinding.

3.     Tambahkan Crown Molding

Cetakan mahkota atau crown molding menjadi media yang bisa menjembatani celah antara dinding dan langit-langit. Crown molding menambahkan sentuhan akhir pada sebuah rumah agar terlihat mewah dan elegan.

Anda bisa pasang crown molding ini di bagian pojok atas ruang tamu rumah Anda. Dekorasi ini sangat bagus diaplikasikan di ruangan yang lebih besar, seperti ruang tamu atau ruang keluarga jika ada.

4.     Tambahkan Bunga segar

Bunga segar adalah hal terbaik yang bisa Anda tambahkan ke ruangan untuk membuat rumah Anda nampak mewah. Bunga yang segar bisa memberikan tampilan yang cantik pada suatu ruangan karena keindahan warnanya.

Jika Anda ingin rumah Anda terlihat lebih mahal, cobalah untuk belanja buket bunga yang banyak dengan warna yang cerah. Membeli buket bunga yang banyak bukan berarti harus dipajang dalam satu ruangan, ya!

Anda bisa mengatur penambahan bunga segar ini di setiap ruangan, tetapi pastikan Anda mengaturnya dengan rapi dan terlihat cantik. Penambahan bunga di beberapa ruangan menambah kesan bahwa rumah Anda nampak berkelas. Tampilan tipis membuat Anda terlihat murahan.

5.     Tempatkan Barang Dengan Serapi Mungkin

Rumah yang paling sederhana pun terlihat lebih elegan ketika barang ditempatkan dengan cermat daripada bertebaran di mana-mana. Area yang akan difokuskan untuk menyimpan barang adalah rak buku, lemari kaca dan meja konsol.

Untuk rak buku, susun buku secara horizontal dan vertikal, lapisi aksesori lain seperti bingkai foto, objek dekoratif, pajangan bunga kecil, atau sketsa yang menyenangkan untuk dilihat. Adapun  untuk meja konsol, letakkan beberapa objek yang saling melengkapi.

Pertimbangkan kesimetrisan dengan menciptakan tampilan yang seimbang. Hal-hal ini mungkin tampak kecil, tetapi mengatur rak dan area pajangan lainnya sangat bermanfaat. Mengatur hal-hal kecil ini bagus secara visual dan akan membuat seluruh ruangan  terlihat lebih rapi dan mewah.

6.     Tambahkan Pajangan Karya Seni

Seni yang bernilai indah bisa memberikan pengaruh besar pada tampilan rumah Anda. Tidak harus menghabiskan banyak uang kok untuk membeli karya seni yang terlihat mahal. Selama karya itu terlihat bernilai, maka tampilan rumah Anda juga akan terlihat mewah.

Pilihlah lukisan abstrak, pola geometris dan bunga besar daripada lukisan dengan pemandangan sebab karya semacam itu nampak sangat mainstream.

7.      Gunakan Gorden Jendela yang Terlihat Elegan

Tahukah Anda bahwasannya pemilihan gorden jendela dan pintu rumah yang elegan juga bisa menciptakan kesan rumah yang mewah?

Anda bisa membeli tirai dan gorden yang ukurannya memanjang hingga ke lantai dengan corak yang indah dan warna yang elegan. Pada umumnya warna gorden terbaik adalah gold dengan renda dan beberapa aksesoris tambahan.

8.     Tambahkan Pajangan Barang Antik

Barang antik memiliki tampilan visual yang memberikan kesan mewah pada sebuah rumah. Anda tidak perlu menghabiskan banyak uang untuk membeli barang antik. Cukup temukan sesuatu yang sepertinya bagus di pasar loak.

Aksesori barang antik seperti lampu, cermin, jam dinding, guci, piring keramik, bingkai foto antik dan sebagainya bisa memberi ruangan Anda tampak seperti mewah.

Siapapun sebenarnya dapat membuat ruangan tampak lebih mewah tanpa harus menambah banyak biaya selama tahu cara penataannya. Ya, untuk menciptakan ruang yang tampak elegan, cobalah menggunakan beberapa trik di atas untuk membuat rumah lebih mewah dan bersinar.