Tren mengupdate foto dengan background yang menakjubkan disukai oleh para pengguna media sosial. Namun karena memang begitu, kini banyak orang yang sengaja kembali ke museum dan membuat destinasi hiburan yang cukup digemari. Diantaranya 8 Museum Unik dan Instagenik di Surabaya berikut ini.

1. Museum W.R. Soepratman

Tahukah kamu kalau Surabaya punya museum khusus untuk pencipta lagu Indonesia Raya, W. R. Soepratman? Bangunan itu berada di kawasan pemukiman Jalan Mangga, Tambaksari, tak jauh dari makam W.R. Soepratman. Anda bisa menemukan patung W. R. Soepratman sedang bermain biola di halaman.

2. House of Sampoerna

Gedung yang dibangun sejak tahun 1858 ini masih aktif sebagai tempat produksi rokok Sampoerna, sekaligus museum dan bangunan bersejarah. Omah Sampoerna bisa dibilang salah satu museum yang paling Instagram di Surabaya.

Sedang mencari info lowongan kerja di surabaya? Anda bisa kunjungi tautan tersebut untuk info lebih lengkapnya.

Hobi fotografi pasti akan membuat Anda betah, karena ada banyak tempat unik dan berseni. Selain jalan kaki, kamu bisa nongkrong di kedai kopi, toko suvenir dari Surabaya, dan berkeliling kota dengan menaiki Surabaya Heritage Trek secara gratis. Macem, ya?

3. De Javasche Bank

Peralatan perbankan yang berasal dari zaman Belanda bisa Anda temukan, seperti koleksi uang, mesin cetak uang, CCTV koleksi jadul, dan lainnya. Masuk ke De Javasche Bank tidak dipungut biaya apapun selain mengisi buku tamu.

Selain sebagai sarana edukasi, tempat ini juga bisa digunakan untuk keperluan komersial seperti foto prewedding dengan seizin Bank Indonesia Surabaya.

4. Museum Sepuluh November

Museum ini terletak di kompleks Tugu Tugu Pahlawan yang merupakan salah satu ikon kota Surabaya. Gedung berlantai dua ini merupakan museum di Indonesia yang didedikasikan untuk peringatan 10 November di Surabaya.

Banyak hal menarik yang bisa Anda temukan di sini, mulai dari patung perjuangan masyarakat Suroboyo, diorama, foto dokumenter, hingga mendengarkan pidato asli Bung Tomo.

5. Museum Blockbuster Surabaya

Ini adalah tempat yang sangat populer di Surabaya, terutama jika Anda menyukai karakter superhero dan action figure. Museum Blockbuster Surabaya memiliki koleksi tokoh animasi yang beragam, seperti Disney, Pixar, Marvel Cinematic Universe, dan lainnya.

Koleksinya hampir seluruhnya asli, bersumber dari beberapa benua, seperti Asia, Amerika, dan Eropa. Uniknya, ada food court dengan tema serupa yang dibuat seperti kantor Avengers hingga Hogwarts.

6. Museum Kesehatan

Sesuai dengan namanya, museum cagar budaya ini didedikasikan untuk menjaga perkembangan dunia kesehatan. Dari peralatan medis kuno hingga sekarang, arsip kesehatan, hingga alat kesehatan tradisional.

Yang membuatnya unik sekaligus merinding adalah kawasan pengobatan tradisional, seperti santet dan ubur-ubur asli. Bahkan, ada sebuah ruangan bernama “Dunia Lain” yang diyakini penuh dengan makhluk astral.

7. Museum Surabaya (Siola)

Museum ini letaknya strategis, karena berada di jantung kota Surabaya. Gedung Siola yang berdiri sejak tahun 1877 ini juga menjadi museum dengan koleksi benda-benda bersejarah di Surabaya. Ini termasuk informasi tentang pemerintahan kota dari zaman Belanda hingga sekarang, artefak, dan kendaraan tua.

8. Museum dan Pusat Studi Etnografi UNAIR

Museum Etnografi terletak di dalam kampus Universitas Airlangga (Unair) B. Awalnya, area seluas 24×16 meter ini hanya untuk keperluan akademik mahasiswa jurusan Antropologi. Akhirnya diresmikan sebagai museum untuk umum pada tahun 2016.

Konsep yang dibawa oleh Museum Etnografi Unair cukup unik yaitu kematian. Eits, jangan memikirkan mistik dulu. Tujuannya untuk edukasi, mulai dari budaya penguburan unik dan kematian di Indonesia, replika tulang asli, hingga kelas tulang.