Menurut orang yang belajar umumnya pengalaman membosankan dan tidak berguna. Bahkan, ada sebagian orang yang menganggap bahwa pembelajaran bahasa sebagai materi pelajaran itu tidak penting. Dan umumnya orang berpikir bahwa menguasai bahasa Inggris saja sudah cukup. Namun, jika Anda berpikir seperti itu, Anda tidak akan bisa melangkah maju dan sekarang saatnya Anda membuka pendapat tentang pentingnya belajar bahasa selain bahasa Inggris.

Pada dasarnya, pembelajaran bahasa dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Layaknya belajar bahasa Inggris, tidak dapat dipungkiri bahwa bahasa Inggris telah menjadi bahasa internasional yang ada di seluruh dunia dan perlu dipelajari.

Namun, ingatlah bahwa Anda tidak bisa hanya berbicara bahasa Inggris. Ada juga bahasa Mandarin yang kini sudah menjadi bahasa trendi yang perlu Anda pelajari.

Ya, artikel di bawah ini dibuat untuk kamu yang masih bertanya – Tanya Mandarin itu untuk apa ?? Apa manfaat belajar bahasa Mandarin? Lihat artikel di bawah ini dan Anda akan langsung belajar bahasa Mandarin.

1. Jumlah penutur bahasa terluas dan pertumbuhan bahasa tercepat di dunia.

Mungkin bagi kamu yang belum punya rencana ke China atau mungkin juga yang menggunakan bahasa Mandarin, kamu bisa belajar bahasa yang digunakan oleh hampir seperempat penduduk bumi ini. Tidak hanya di China, Taiwan dan Singapura juga menggunakan bahasa Mandarin.

Selain itu, beberapa komunitas etnis Tionghoa juga hidup berkelompok di beberapa negara besar, salah satunya Amerika Serikat. Di Inggris, 19,8% pelajar asing yang belajar adalah pelajar dari Tiongkok. Hingga saat ini, fakta menunjukkan bahwa bahasa Mandarin digunakan di hampir semua wilayah.

Apakah tidak ada salahnya belajar bahasa Mandarin mulai sekarang? Karena mungkin beberapa tahun ke depan, bisa jadi beberapa orang di sekitar Anda juga menggunakan bahasa Mandarin.

2. Bisa pergi wisata ke Tiongkok tanpa salah memesan makanan yang tidak halal.

Jika Anda tahu, tidak semuanya bahasa Mandarin. Alhasil, semua menu makanan di toko dan restoran hanya ditulis dalam bahasa Mandarin. Jika Anda seorang turis di China dan memiliki kemampuan bahasa Mandarin yang minim, mungkin itu akan membuat Anda kesulitan selama tinggal di China.

Anda bisa salah pilih restoran dan akhirnya makan makanan non halal dan sebagainya. Selain itu, masyarakat di China pada umumnya banyak mengonsumsi makanan yang umumnya tidak diketahui oleh orang Indonesia, sehingga Anda perlu berhati-hati agar tidak terjebak di restoran yang salah.

3. Memahami budaya dan sejarah Tiongkok

Bagi kamu yang ingin mengetahui budaya dan sejarah Tionghoa, harus mengetahui bahasa Tionghoa terlebih dahulu. Sepanjang yang Anda ketahui, mempelajari dan memahami budaya dan sejarah Tiongkok adalah salah satu hal yang akan membuat Anda bahagia. Karena apa? Karena Anda akan menemukan banyak fakta menarik tentang China dan lainnya.

Mempelajari budaya dan sejarah tidak hanya dapat dilakukan dengan membaca buku-buku Confucius atau buku-buku yang berhubungan dengan sejarah nasional China, namun terdapat banyak fakta yang hanya ada pada budaya masyarakat China dan tidak dapat Anda terjemahkan ke dalam bahasa lain.

4. Mandarin menjadi bahasa dalam dunia bisnis dan wisata

Perlu Anda ketahui, banyak pengusaha tidak hanya memproduksi produknya di China. Tapi juga di luar China. Menariknya, banyak orang yang berasal dari luar China juga ingin datang dan bekerja sama dalam urusan bisnis. Ia datang ke China dan mencari peluang bisnis yang menguntungkan, khususnya di bidang ekspor-impor. Ini akan menjadi kesempatan yang cocok jika Anda bisa berbicara bahasa Mandarin.

Selain motif bisnis, kini orang Tionghoa juga suka jalan-jalan ke luar negeri, seperti Australia, Amerika Serikat, Jepang, dan Thailand. Jika ingin bekerja di bidang pariwisata, akan lebih diutamakan jika bisa berbahasa Mandarin walaupun hanya sedikit. Apalagi jika Anda bisa menguasai bahasa Mandarin, semakin banyak peluang dan keuntungan yang akan Anda dapatkan.

5. Banyak alat yang bisa membantumu belajar bahasa Mandarin

Tidak jarang, di zaman yang serba modern ini, ada banyak cara untuk bisa belajar bahasa Mandarin. Anda dapat membaca buku, blog, membuka video tutorial yang berhubungan dengan bahasa Mandarin dan Anda akan merasa seperti memiliki guru bahasa Mandarin yang sebenarnya.

Selain itu, banyak aplikasi yang bisa ditemukan dan diunduh di smartphone untuk mendukung pembelajaran bahasa Mandarin. Misalnya, Kamus Pleco. Dalam kamus ini, Anda dapat menemukan penjelasan lengkap tentang bahasa Mandarin dan contoh kalimatnya. Percayalah, jika Anda ingin belajar, aplikasi ini akan sangat berguna untuk Anda.

6. Melatih otak Anda dengan belajar bahasa Mandarin adalah hal yang baik

Menurut beberapa penelitian, ada yang menjelaskan bahwa belajar bahasa Mandarin adalah salah satu bagian otak yang paling aktif. Uniknya, bagian otak ini tidak akan berfungsi saat mempelajari bahasa lain. Mungkin mandarin memiliki banyak putaran dan karakter yang membuat otak Anda bekerja lebih keras dari biasanya.

Ingin memperdalami kosa kata diberbagai bahasa Internasional & Daerah? Bisa kunjungi situs maknaa.com pada tautan tersebut.

Dan tahukah Anda, latihan menulis huruf Mandarin bisa merangsang otak Anda untuk tidak sadarkan diri. Jadi, jika Anda ingin otak Anda mengingat dengan sempurna, Anda akan belajar bahasa Mandarin yang sempurna untuk Anda.

7. Semakin banyak mendapatkan peluang pekerjaan

Di zaman yang serba modern dan maju ini, tidak dapat dipungkiri bahwa pekerjaan saya seringkali membutuhkan karyawan yang “bisa berbahasa mandarin” sebagai salah satu syaratnya. China memainkan peran penting di bidang ekonomi. Ini merupakan keuntungan karena hampir semua sektor kehidupan akan bersentuhan langsung dengan sektor ekonomi.

Dan tidak bisa dipungkiri bahwa beberapa pekerjaan juga membutuhkan sumber daya manusia yang memiliki keterampilan berbahasa Mandarin dengan lancar. Biasanya, mereka mendapatkan skor HSK (Hanyu Shuiping Kaoshi), yaitu ujian bahasa Mandarin. Masukkan nilai HSK di CV Anda dan itu akan berdampak positif bagi Anda di perusahaan.

8. Percayalah, bahasa Mandarin itu menarik!

Beberapa orang sering mengatakan bahwa belajar bahasa Mandarin itu sulit. Tapi Anda harus yakin, ada banyak hal yang bisa ditemukan saat belajar bahasa Mandarin. Anda akan menemukan cerita sejarah yang panjang tentang salah satu tokoh Tionghoa. Kamu akan bisa memprediksi arti sebuah karakter dengan melihatnya secara radikal, dan masih banyak hal menarik yang bisa kamu temukan jika kamu belajar bahasa Mandarin.

Dari awal saja Anda sudah familiar dengan bahasa Mandarin. Jangan ragu dan khawatir, belajar bahasa Mandarin akan sangat bermanfaat di masa depan.