Manfaat kolagen dapat lebih populer sebagai konten produk perawatan kulit. Pada kenyataannya, kolagen selalu memiliki banyak manfaat lain yang tidak kalah pentingnya kesehatan, seperti nyeri artikular dan dukungan kesehatan jantung.

Kolagen adalah protein alami dalam tubuh yang berlimpah dan berada di kulit, tulang, otot, tendon dan ligamen. Namun, seiring bertambahnya usia, jumlah kolagen dalam tubuh dapat dikurangi.

Untuk jumlah kolagen yang harus dipertahankan, Anda bisa mendapatkannya melalui makanan atau mengkonsumsi suplemen kolagen. Ini untuk manfaat kolagen untuk kesehatan selalu dirasakan.

Mengenali berbagai manfaat kolagen

Setidaknya ada lima keuntungan utama kolagen dalam kesehatan fisik, di antara berikut ini:

1. Kencangkan kulit dan mencegah penuaan

Tidak salah untuk mengaitkan keuntungan kolagen dengan kesehatan kulit. Banyak penelitian telah membuktikan bahwa kolagen memiliki keunggulan untuk membantu memperketat kulit, mencegah penuaan dini, sambil mengurangi kulit kering dan keriput.

Seiring bertambahnya usia, disarankan untuk selalu menambahkan konsumsi makanan kolagen, seperti daging, ikan, sayuran hijau, susu dan telur. Selain itu, Anda juga dapat mengkonsumsi suplemen kolagen sesuai dengan saran dokter.

2. Kurangi selulit

Selulit adalah istilah yang menggambarkan kondisi kulit bergelombang dengan mortir kecil seperti kulit oranye yang biasanya muncul di perut, pinggul, paha dan bokong. Kondisi ini sering diberikan oleh wanita daripada pria.

Dalam sebuah penelitian, telah ditemukan bahwa konsumsi suplemen yang mengandung kolagen dapat membantu mengurangi selulit. Namun, ini selalu membutuhkan penelitian tambahan.

3. Tingkatkan massa otot

Selain diketahui memainkan peran penting dalam menjaga kesehatan kulit, manfaat kolagen juga merupakan komponen utama dari perkembangan jaringan otot. Peningkatan konsumsi kolagen akan berguna untuk menjaga dan meningkatkan massa otot.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa suplemen kolagen dapat meningkatkan kekuatan otot untuk pasien sarcopenik atau kehilangan massa otot karena proses penuaan, yang umum terjadi pada orang tua.

4. Meringankan nyeri sendi

Ketika jumlah kolagen dalam tubuh Anda berkurang seiring bertambahnya usia, risiko osteoartritis akan meningkat. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa orang yang meningkatkan konsumsi kolagen dapat mengurangi gejala osteoartritis dan mengurangi rasa sakit artikular secara keseluruhan.

Penelitian lain menyatakan bahwa penambahan konsumsi kolagen dengan suplemen tablet dapat membantu mengurangi kondisi osteoartritis, meskipun ini masih membutuhkan penelitian tambahan.

5. Mendukung jantung

Kolagen memiliki peran besar dalam kesehatan pembuluh darah Anda. Tanpa kolagen yang cukup, pembuluh darah bisa menjadi kaku, lemah atau rapuh. Ini dapat meningkatkan risiko aterosklerosis yang merupakan penyebab serangan jantung dan stroke.

Selain beberapa keuntungan dari kolagen di atas, masih ada berbagai keunggulan kolagen lainnya, seperti tahan kuku, merangsang pertumbuhan rambut dan mendukung kesehatan usus.

Anda bisa mendapatkan berbagai kolagen untuk kesehatan dengan mengonsumsi hidangan tinggi untuk konten kolagen dan suplemen kolagen atau vitamin C. Tetapi sebelum mengkonsumsi suplemen kolagen, lebih baik untuk berkonsultasi dengan hak suplemen yang benar.

Sumber : beaufo.id