Makin ke sini, makin banyak ide bisnis yang kreatif dan inovatif yang bikin kita mikir “oh bagus juga yaa, kok nggak kepikiran”. Ditambah lagi saat pandemi, semua orang terpaksa harus mengurangi sosialisasi dan memperbanyak waktu di rumah demi mencegah penyebaran virus Corona. Otomatis, banyak orang memiliki kebiasaan dan aktivitas baru yang tak jarang berbuah usaha penghasil pundi-pundi cuan tambahan. 

Buat kamu yang pengen bikin usaha tapi masih bingung harus jualan apa, berikut ini ada 5 ide bisnis artsy nan kreatif di sepanjang tahun 2020 yang sudah mulai jadi tren dan ramai digeluti. Yuk simak!

Gift Set atau Hampers Set

Gift set atau hampers set memang bukan hal baru dalam bisnis jasa maupun produk. Tapi, dulu, gift set atau hampers set bentuknya masih sangat monoton dan biasa-biasa aja. Contohnya: parcel buah, parcel makanan dan minuman untuk lebaran, kado baju bayi, bingkisan kue atau cookies, dan sejenisnya. 

Sekarang, kalo kita tengok di e-commerce seperti Tokopedia atau Shopee dan memasukkan kata kunci Gift Set atau Hampers Set, hasilnya sudah sangat beragam. Ditambah dengan kemasan/packaging yang cantik & kekinian. 

Ada yang jual gitft/hampers berisi lilin aroma terapi, paket cangkir dan piring cantik, paket kecantikan, handycraft, difuser, masker organik, snack box, dan masih banyak lagi. Yang tentunya, bisa digunakan atau dikirim untuk berbagai tujuan mulai dari yang formal seperti kado pernikahan hingga acara informal seperti kado ulang tahun, wisuda, skripsi, kado lahiran bayi, dan yang lainnya. 

DIY KIT

Sudah mulai bosan banget streaming film, musik, dan main game selama karantina di rumah aja? Yak, kondisi ini sudah terbaca sebagai peluang bisnis baru untuk jualan DIY KIT. Apa itu DIY KIT?

Singkatnya, DIY KIT adalah paket do it yourself berisi produk yang harus kita rakit sendiri dengan mengikuti panduan yang disediakan. Pengen belajar sulam yang praktis dan instan? Pengen ngelukis di atas canvas tapi nggak bisa gambar? Pengen bikin papercraft tapi nggak bisa caranya? Nah, beli paket DIY adalah solusinya. Selain bisa membantu otak untuk refreshing, paket DIY juga bisa membantu kita mengisi waktu luang dengan cara produktif. 

Mulai dari paket melukis, sulam, menjahit, sampai menanam, semua kini sudah tersedia di toko online. Kisaran harganya juga beragam mulai Rp 50 ribu sampai Rp 200 ribuan sudah termasuk alat dan bahan DIY yang komplit. Tinggal pilih aja, mau nyobain yang mana nih? 

Perlengkapan Makan Estetik

Perlengkapan makan sekarang ini sudah bukan lagi hanya untuk makan. Bukan lagi pula sebatas dari bahan stainless atau plastik. Perlengkapan makan ada juga yang berbahan kayu dan eco friendly yang biasanya dibeli untuk kado hingga foto-foto estetik bagi orang-orang yang suka fotografi. Karena bahannya yang berbeda dengan alat makan biasa, perlengkapan makan yang eco friendly ini dibanderol dengan harga cukup tinggi mulai dari Rp100.000-an. 

Sticker Pack

Dari dulu sampai sekarang, stiker adalah produk yang sebenarnya nggak dibutuh-butuhin amat tapi nggak pernah ada matinya. Selain bisa digunakan sebagai hiasan, stiker juga banyak dikoleksi. Apalagi kalau gambar dan edisinya langka. Sama dengan gift set atau hampers set, kalo kamu cari sticker pack di e-commerce pasti hasilnya ratusan dengan berbagai macam karakter. Buat kamu yang bisa desain, nggak ada salahnya nih buat nyobain peruntungan bisnis yang satu ini. 

Totebag & Pouch

Berbeda dengan stiker, totebag dan pouch adalah dua benda yang meskipun kita sudah punya tapi rasa-rasanya nggak pernah cukup. Selalu pengen beli dan beli lagi. Apalagi sekarang bentuk dan desain totebag serta pouch sudah sangat banyak dan kreatif. Terlebih, harga modal untuk satu piece totebag atau pouch polos cukup murah, mulai dari Rp5.000 sampai Rp15.000. Sisanya, tinggal dipikirin aja mau jualan pouch dengan desain seperti apa nih yang oke dan kreatif?

Mau pinjam modal usaha untuk bangun bisnis kecil-kecilan?

Bukan cuma ide bisnis aja yang makin kreatif dan inovatif, perkreditan dan pinjaman juga demikian. Buat kamu yang pemula dan pengen nyoba bangun bisnis sendiri di tahun 2021, kamu bisa mencoba layanan pinjaman online cepat cair bayar bulanan yang terpercaya seperti Kredivo. Selain sudah terdaftar di OJK, Kredivo juga punya suku bunga yang rendah, hanya 2,6% per bulan. 

Kredivo adalah salah satu fintech pinjaman online cepat cair bayar bulanan yang memberikan pilihan tenor variatif dan cukup panjang. Mulai dari 30 hari, 3 bulan, dan maksimal 6 bulan. Kamu bisa ajukan pinjaman di Kredivo untuk modal usaha mulai dari 500 ribu sampai jutaan rupiah. Kredivo bisa memberikan limit kredit maksimal hingga Rp 30 juta bagi pengguna Premium, lho!

Tertarik daftar? Langsung aja download aplikasi Kredivo di Google Play Store atau App Store!