Apa Itu Melasma? Ini Penyebab & Cara Mencegahnya | Popmama.com

Flek hitam merupakan salah satu masalah kulit yang sering terjadi pada wajah. Terdapat banyak hal yang menyebabkan seseorang memiliki flek hitam. Yaitu, mulai dari jerawat, paparan sinar matahari yang berlebihan, hormonal, hingga usia. Flek hitam juga sering muncul di berbagai tempat di wajah. Salah satunya yaitu di daerah pipi yang paling banyak dikeluhkan. Untuk dapat menghilangkan flek hitam di pipi, Anda bisa menggunakan berbagai macam produk skincare.

Tetapi, perlu diingat tidak semua produk skincare aman untuk kulit. Di samping menggunakan skincare, flek hitam membandel yang tak kunjung hilang juga bisa Anda hilangkan dengan cara perawatan kulit di dokter kulit. Tetapi, jangan lupa Anda harus konsultasikan penyebabnya terlebih dahulu.

Cara Menghilangkan Flek Hitam di Wajah daerah Pipi

Terdapat banyak cara untuk menghilangkan flek hitam di pipi. Dilansir dari laman Healthline, berikut ini berikut adalah deretan tipsnya :

  1. Menggunakan Krim dan Serum Hidrokuinon

Penggunaan krim dan serum hidrokuinon mungkin solusi penghilang flek hitam yang paling populer. Pasalnya, dalam sebuah studi di tahun 2013 ditemukan manfaat potensial untuk melasma wajah yang menyebabkan bercak perubahan warna. Tetapi, penelitian lebih lanjut tetap diperlukan untuk dapat menentukan cakupan penuh efektivitasnnya. Walaupun sebelumnya tersedia over-the-counter (OTC), Food and Drug Administration (FDA) mengubah status hidrokuinon pada tahun 2021 menjadi bahan yang hanya bisa didapatkan dengan resep dokter. Dan walaupun dianggap aman untuk digunakan dalam produk kosmetik, konsentrasi hidrokuinon terbatas sebab menimbulkan risiko yang lebih besar pada konsentrasi yang lebih tinggi.

Bahkan di Negara Afrika Selatan, hidrokuinon illegal dilarang beredar untuk digunakan. Pasalnya, hidrokuinon dianggap sebagai bahan yang beracun atau berbahaya di Kanada. Hal ini bukanlah tanpa alasan, karena banyak ahli khawatir hidrokuinon bisa menyebabkan kanker. Penelitian tersebut menyarankan agar hidrokuinon digunakan dalam jangka pendek. Apabila dalam mengaplikasikan krim hidrokuinon untuk menghilangkan flek hitam Anda mengalami iritasi, penggelapan kulit yang tidak biasa, atau efek samping lainnya, sebaiknya segera hentikan penggunaannya.

 

  1. Menggunakan Retinoat

Penggunaan produk skincare yang mengandung asam retinoat merupakan solusi alternatif menghilangkan flek hitam di pipi. Kandungan asam retinoat bekerja untuk meningkatkan pergantian sel, mempercepat pengelupasan kulit, dan mendorong pertumbuhan kulit baru yang sehat.

Dalam sebuah penelitian klinis menghubungkan retinoid dan perbaikan photoaging kulit, tidak terkecuali pada kulit hitam. Bahan-bahan tersebut dapat sangat mengeringkan dan membuat kulit lebih sensitif terhadap sinar matahari. Jika Anda memilih skincare dengan kandungan retinoid ini, maka Anda perlu paham bahwa prosesnya akan memakan waktu selama berbulan-bulan. Jadi, pastikan Anda untuk selalu menggunakan tabir surya setiap harinya, ya.

 

  1. Melakukan Eksfoliasi dengan bahan kimia

Melakukan eksfoliasi kulit dengan bahan kimia biasanya menggunakan jenis asam yang lembut untuk memecah sel kulit mati atau lapisan atas kulit. Dengan menghilangkan lapisan ini bisa membantu memperlihatkan kulit yang lebih sehat dan lebih merata. Terdapat banyak bahan kimia yang sering digunakan pada produk eksfoliasi. Contohnya AHA, BHA, asam laktat, asam salisilat, dan lain sebagainya. Produk tersebut bisa didapatkan tanpa resep atau dengan resep untuk dosis yang lebih kuat. Tetapi, solusi ini mungkin kurang cocok untuk Anda yang memiliki kulit sensitif karena akan mudah iritasi. Untuk itu, segera hentikan penggunaan saat Anda merasakan efek sampingnya, ya.

 

  1. Melakukan Perawatan laser dan peeling

Jika flek hitam di pipi masih membandel dan sulit untuk dihilangkan, maka solusi terakhir yang bisa Anda lakukan adalah dengan melakukan perawatan di dokter kulit dengan teknik laser atau peeling. Laser dan peeling merupakan pilihan yang sangat agresif untuk mencerahkan bintik dan flek hitam. Terdapat beberapa perawatan laser yang menargetkan pigmen itu sendiri, sementara beberapa lainnya bekerja dengan menghilangkan lapisan kulit.