Semua nikmat arti masya allah yang diberi oleh Allah SWT ke tiap hamba, tidak terhitung banyaknya. Oleh karenanya, memanjatkan puji sukur ke Allah SWT sebagai ibadah yang disarankan untuk umat Muslim.

4 Cara Bersyukur Atas Segala Nikmat yang Telah Diberikan Kepada Allah

Seperti diterangkan berkenaan nikmat yang diberi oleh Allah SWT, dalam surat An-Nahl ayat 16, yakni.
وَاِنْ تَعُدُّوْا نِعْمَةَ اللّٰهِ لَا تُحْصُوْهَا ۗاِنَّ اللّٰهَ لَغَفُوْرٌ رَّحِيْمٌ
Maknanya: “Apabila kamu hitung nikmat Allah, pasti kamu tidak sanggup hitungnya. Benar-benar, Allah betul-betul Maha Pemberi ampun, Maha Pengasih.”
Dengan mempunyai anggota badan yang komplet saja telah sebagai wujud nikmat yang sangat bernilai dari Allah SWT. Oleh karenanya, sebagai umat Muslim harus mensyukuri semua kepuasan yang diberi dan tidak berserah tiap hadapi masalah dari Allah SWT.
Dalam buku Langkah Riil Percepat Bantuan Allah oleh M. Syafe’ el-Bantanie, sukur ialah pernyataan pada nikmat yang sudah diberi Allah yang ditunjukkan dengan ketaatan kepada-Nya.
Lalu, bagaimana triknya umat Muslim mengucapkan syukur ke Allah? Berikut cara-cara mensyukuri nikmat dari Allah SWT yang diambil dari buku Meraih Kehendak-Nya karena Ia Sayang Kamu oleh Deddy Daryan.

Langkah Mengucapkan syukur Ke Allah
Imam Al Ghazali menjelaskan jika langkah mengucapkan syukur ke Allah bisa dilaksanakan dengan 4 langkah, berikut penuturannya.

1. Mengucapkan syukur dengan lisan
Jika seorang mengucapkan syukur atas nikmat yang sudah Allah beri, karena itu sebaiknya ucapkan Allhamdulillah (semua puji untuk Allah).

2. Mengucapkan syukur dengan Hati
Mengucapkan syukur dengan hati yakni dengan mengetahui seutuhnya jika, semua rezeki serta nikmat yang didapat sebagai anugerah yang diberi oleh Allah SWT. Dengan demikian, akan muncul sikap terima anugerah yang diberi dengan penuh rasa tulus tanpa sedih atau berkeberatan walau enaknya cuman sedikit.

3. Mengucapkan syukur dengan Perlakuan
Seterusnya langkah mengucapkan syukur dengan perlakuan, yakni tiap nikmat yang didapat harus digunakan di jalan yang diridhai-Nya. Misalkan, jika memperoleh rejeki karena itu seharusnya memberinya atau mempraktikkan beberapa hartanya untuk yang memerlukan.

4. Menjaga Kepuasan
Saat telah memperoleh nikmat, upayakan untuk menjaganya supaya tidak hancur. Misalnya seperti mempertahankan kesehatan yang sudah diberi oleh Allah SWT.