Indonesia mempunyai belasan ribu pulau yang terhampar dari Sabang sampai Merauke. Tidak cuma beberapa pulau besar, tetapi juga beberapa pulau kecil yang mempunyai keunikannya tertentu.

Sebagai negara kepulauan, tidak dapat disangkal Indonesia punyai daya tarik alam yang mengagumkan. Beberapa ribu pulau, dari yang besar sampai kecil, dengan beberapa pantai cantik menghias negeri ini dari barat sampai ke timur.

10 Pulau Unik di Indonesia

Berikut ialah beberapa pulau kecil di Indonesia yang dinamakan unik seperti nama hewan menurut mpotimes. Tetapi tidak cuma unik namanya, beberapa pulau ini punyai daya tariknya tesendiri.

1. Pulau Komodo, Nusa Tenggara Timur

Sama dengan namanya, pulau yang berada di salah satunya tujuan super fokus Labuan Bajo itu jadi komunitas dari satwa sangat jarang komodo. Karenanya , pulau Komodo terdaftar sebagai situs peninggalan Dunia.
Pulau ini selalu ramai didatangi pelancong lokal dan luar negeri. Bukan karena hanya ada komodo sebagai daya magnet utamany, tetapi juga keelokan alamnya yang mempesona.

2. Pulau Burung, Belitung

Diberi nama pulau Burung karena di situ ada batu-batuan granit yang besar dan tinggi membubung serupa dengan kepala burung. Pulau itu juga menjadi satu diantara lokasi yang menarik pelancong.

Pulau yang disebutkan pulau Burong itu dikitari oleh pantai pasir putih yang cantik. Pelancong dapat santai di situ sekalian coba bermacam kegiatan berlibur seperti berenang, berjemur sampai snorkeling.

3. Pulau Tikus, Bengkulu

Pulau ini dinamakan pulau Tikus bukan lantaran jadi tempat tinggal tikus, tetapi karena memiliki bentuk yang kecil. Tempat rekreasi yang pernah hits itu dikitari oleh rangkaian terumbu karang yang cantik.

Karenanya, di pulau itu pelancong dapat beraktivitas olahraga snorkeling sambil melihat-lihat penyu bertelur. Pasir putihnya menambahkan daya tarik pulau itu.

4. Pulau Pari, Kepulauan Seribu

Jaraknya tidak jauh dari ibukota hingga pas jadi tujuan rekreasi saat akhir minggu. Tetapi keelokan pantainya tidak perlu disangsikan.

Pulau itu dikitari pasir putih yang cantik. Pelancong dapat beraktivitas snorkeling disekitaran pulau sama air lautnya yang jernih.

5. Pulau Kucing, Maluku Utara

Sama sesuai namanya, pulau itu dipenuhi dengan kucing karena dahulunya dipakai sebagai tempat pembuangan kucing liar. Tidaklah aneh pertama kalinya memijakkan kaki di situ, pelancong akan disongsong oleh kucing.

Di situ, pelancong dapat nikmati waktu rileks di gazebo yang menghadap laut atau berkeliling-keliling pulau dengan speeda air. Janganlah lupa untuk berfito di situ karena banyak spot yang instagrammable.

6. Pulau Lumba-Lumba

Berada di terlepas pantai utara Pulau Flores, Indonesia pulau ini unik sekali lho. Sama sesuai namanya, pulau ini mempunyai wujud serupa hewan laut Lumba-Lumba. Wujud unik pulau ini akan terang bila kamu menyaksikannya dari ketinggian.

7. Pulau Sumping

Berada di Singkawang, Kalimantan Barat, siapa kira bila ini ialah pulau paling kecil di dunia. Pulau yang mempunyai nama lain Pulau Kelapa Dua ini hanya terdiri dari pasir dan batu dan beberapa pohon di atasnya. Nach, di Pulau Sumping ada kelenteng yang kerap dipakai oleh warga Tionghoa di tempat untuk berdoa.

8. Pulau Dea-Dea

Bila beberapa pulau lain biasanya ditempati manusia, pulau ini malah ditempati oleh beberapa ratus ekor kucing. Ya, tidak ada satu juga manusia yang hidup di sini, semua penghuninya ialah kucing. Karenanya, Pulau Dea-Dea kerap dipanggil Pulau Kucing.

Beberapa kucing telah berkembang biak di pulau ini semenjak beberapa puluh tahun kemarin. Dan semua kucing di sini beranak pinak dengan alami tanpa terlibat manusia.

9. Pulau Kumala

Namanya kemungkinan tidak terlampau akrab dalam telinga kamu, tetapi pulau satu ini unik sekali lho. Pulau yang berada di Tenggarong, Kalimantan Timur ni cuman berisi sarana permainan. Seperti di taman bermain seperti Ancol, di pulau ini kamu dapat menemui bermacam sarana permainan seperti jet coaster, bombom car, komidi putar, gokar, kereta mini sampai kereta menggantung. Jarang-jarang kan ya ad

a sarana bermain di tengah-tengah pulau semacam ini? Menariknya kembali, di tempat ini ada Sky Tower dengan tinggi 75 mtr. di mana kamu dapat menyaksikan lanscape Kota Tenggarong di atas.

10. Pulau Maratua

Pulau Maratua terkenal dengan keelokan pantainya yang mengagumkan. Tetapi dibalik itu, ada kekhasan yang lain disimpan lho. Jika disaksikan dari ketinggian, wujud pulau ini serupa dengan tapal kuda. Selain itu, wujud pasir di pulau ini mempunyai skema yang unik.