Menggunakan dompet digital dapat membantu Anda melakukan transaksi non tunai dengan mudah!

Dompet digital adalah manifestasi nyata dari perkembangan teknologi, yang menghilangkan kebutuhan pengguna untuk membawa uang tunai sama sekali. Bagi yang suka bertransaksi secara online tanpa harus langsung ke toko sama sekali, memiliki dompet digital sangat membantu mempermudah transaksi.

Perkembangan teknologi membuat banyak produk dompet digital bermunculan di Indonesia.

  1. Mengenal Dompet Digital

Kemajuan teknologi tentunya dapat memberikan kemudahan bagi siapa saja. Salah satu manfaat kemajuan teknologi adalah berbagai jenis transaksi dapat dengan mudah dilakukan secara online tanpa harus keluar lagi. Salah satu pendukung transaksi online adalah ketersediaan dompet digital yang mudah digunakan.

Sebenarnya apa sih dompet digital itu? Dompet digital atau juga dikenal dengan dompet elektronik adalah metode yang mirip dengan dompet tetapi menyimpan dana dalam bentuk elektronik. Dompet digital memudahkan pengguna untuk melakukan transaksi dan pembayaran online hanya dengan menggunakan Internet. Pemilik dompet digital tidak perlu lagi repot tarik tunai di ATM dan bayar langsung.

 

Pada awalnya, tidak banyak toko yang menggunakan dompet elektronik untuk transaksi online. Seiring berjalannya waktu, semakin banyak orang yang menyadari kemudahan menggunakan e-wallet, dan akhirnya banyak toko dan berbagai jenis transaksi mulai mengadopsi e-wallet sebagian atau seluruhnya.

  1. Tips Menggunakan Dompet Digital yang Aman

Menggunakan dompet digital adalah salah satu hal yang paling mudah. Perlu dicatat bahwa Anda tetap harus berhati-hati saat menggunakan layanan dompet digital ini.

Saat menggunakan dompet digital untuk transaksi, hindari penggunaan VPN. Saat Anda menggunakan aplikasi VPN, Anda dapat mendistribusikan semua informasi bank di ponsel cerdas Anda.

Hindari mendiskusikan masalah sensitif dengan orang yang baru Anda temui, agar mereka tidak menggunakan informasi Anda untuk melakukan hal-hal buruk.

Unduh dan gunakan aplikasi resmi yang diperoleh langsung dari PlayStore atau AppStore agar Anda tidak menggunakan aplikasi palsu yang meniru aplikasi perbankan asli.

  1. OVO

OVO awalnya dimiliki oleh Lippo Group dan saat ini bekerja sama dengan Grab, salah satu penyedia layanan transportasi online di Indonesia.

  1. DANA

Bekerja sama dengan Ant Financial, pemilik Alipay. Dalam aplikasi DANA, Anda dapat melakukan transaksi apapun dengan aman, karena dilengkapi dengan password dan sistem OTP, sehingga tidak ada yang bisa menggunakan akun Anda untuk transaksi sembarangan.

  1. LinkAja

LinkAja atau sebelumnya dikenal dengan TCASH merupakan layanan uang elektronik yang dapat digunakan untuk berbagai transaksi, seperti pembelian pulsa, pembayaran tagihan, pengiriman donasi, dan pengajuan pinjaman online.

  1. iSaku

iSaku adalah mata uang elektronik atau dompet digital yang bekerja sama dengan perusahaan retail Indomaret. Salah satu keuntungan yang kamu dapatkan ketika bertransaksi dengan iSaku di Indomaret adalah kamu bisa mendapatkan diskon dan mengumpulkan cash back dalam bentuk poin, yang bisa kamu kumpulkan untuk melakukan pembelian di Indomaret lagi.

  1. OCTO Go Mobile

Aplikasi ini merupakan solusi keuangan mobile satu atap untuk Anda yang dapat mempermudah segala aktivitas keuangan tanpa harus repot ke ATM atau bank. Anda dapat menggunakan fungsi pemindaian kode QR yang disertakan dalam aplikasi untuk melakukan berbagai jenis pembayaran dengan mudah.

  1. Doku

Dompet elektronik populer lainnya di Indonesia adalah Doku. Untuk masalah keamanan, Doku dilengkapi dengan verifikasi dua titik untuk membuat aplikasi aman dan tidak mudah diakses oleh orang lain.

  1. Sakuku

Bagi yang menyukai kemudahan namun tidak ribet, maka bisa mencoba dompet digital Sakuku. Dompet elektronik milik BCA ini memberikan fasilitas untuk memudahkan berbagai bentuk transaksi digital Anda. Tidak hanya itu, pengguna Sakuku juga bisa mendapatkan berbagai bentuk promosi di setiap merchant yang menyediakan penggunaan dompet digital ini.

  1. JakOne Mobile

Dompet digital berikutnya adalah JakOne Mobile yang dikeluarkan oleh Bank DKI. E-wallet ini memudahkan transaksi dengan merchant yang bekerja sama dengan Bank DKI. Sistem pembayaran menggunakan kode QR dapat menyederhanakan transaksi apa pun yang Anda lakukan tanpa menggunakan uang tunai. Anda juga dapat mengumpulkan poin bonus sehingga dapat digunakan untuk melakukan pembelian kembali.

  1. Jenius

Kalau kamu suka jalan-jalan ke luar negeri, kamu bisa mencoba dompet digital Jenius. Layanan dompet digital ini memungkinkan Anda mentransfer uang antar bank lain dengan mudah tanpa membayar biaya apa pun.

Sumber : https://fauxsaics.com/