“dilansir dari laman Honestdocs” Apakah kamu pernah merasakan nyeri pada bagian payudara? Jika pernah jangan khawatirkan, karena itu termasuk mastalgia. Ya, nyeri yang terasa pada payudara ini memang bisa terjadi pada siapa saja dan kapan saja. adanya kondisi tersebut biasanya akan membuat seorang wanita merasa nyeri yang panas dan menusuk seiring diikuti dengan dada yang terasa sesak. sebuah masalah yang satu ini lebih umum terjadi pada seorang wanita yang menjelang masa menopausenya. Namun, adanya nyeri di payudara ini juga sering dikhawatirkan sebagai gejala kanker. Oleh karena itu, perlu dilakukan pemeriksaan yang menyeluruh untuk mengetahui apa sebenarnya penyebab dari nyeri di payudara tersebut sehingga kita dapat mengobati mastalgia atau nyeri payu dara itu sendiri. Kalau dilihat dari penyebabnya, Nyeri payudara ini dapat dibedakan menjadi dua. Yang pertama adalah nyeri payudara karena siklus menstruasi. Yang kedua terjadi karena adanya perubahan hormone pada wanita saat berada dalam siklus menstruasi yang kedua tersebut merupakan nyeri yang tidak berhubungan dengan siklus menstruasi seperti misalnya nyeri payudara karena adanya arthritis yang ada di dada dan menyebar ke payudara. “dilansir dari laman sehatq” Mastalgia atau nyeri pada area payudara dapat hilang dengan sendirinya tanpa perlu mengobati mastalgia itu sendiri. Tetapi apabila nyeri tersebut semakin bertambah parah maka perlu adanya pengobatan sepertihalnya beberapa langkah berikut ini yang dapat menjadi penanganan:

  • Mengatur penggunaan pil KB sesuai dengan anjuran dokter.
  • Mengonsumsi vitamin E. Para ahli menyatakan bahwa vitamin ini memiliki efek yang baik dalam meredakan nyeri pada area payudara menjelang siklus menstruasi.
  • Mengonsumsi obat pereda nyeri yang dijual bebas, seperti acetaminophen (paracetamol) ataupun ibuprofen
  • Mengonsumsi suplemen yang mengandung kalsium.
  • Mengurangi konsumsi sodium atau garam.
  • Mengeliminasi penyebab rasa nyeri dan faktor pemicunya dengan menggunakan bra yang dapat menopang payudara dengan baik, terutama saat muncul nyeri tak tertahankan.
  • Menggunakan obat-obatan antiinflamasi dalam bentuk oles jika nyeri tak tertahankan.
  • Mengurangi dosis atau menghentikan terapi hormon.
  • Mengubah gaya hidup, misalnya mengurangi konsumsi kafein, menerapkan pola makan rendah lemak, menggunakan sports bra ketika olahraga,
  • Menempelkan kompres hangat atau dingin pada payudara yang sakit.

Pola gaya hidup memang sangatlah berpengaruh terhadap segala penyakit. Apalagi jika kita mengalami penyakit mastalgia tersebut, maka penting sekali untuk kita lihat kembali seperti apa gaya hidup kita dan lakukan perubahan dengan pola gaya hidup yang benar, agar dapat mencegah timbulnya penyakit tersebut kembali. Jika ada yang bertanya kapan saya harus berkonsultasi pada dokter. Saran terbaik, Segera lakukan konsultasi pada dokter apabila nyeri pada payudara berkelanjutan dan telah terjadi selama berminggu-minggu (lebih dari dua minggu), sehingga dari konsultasi tersebut dokter akan memberikan beberapa resep untuk bisa mengobati mastalgia yan terjadi. apalagi nyeri timbul pada area tertentu di sekitar payudara atau semakin bertambah parah, serta nyeri yang mengganggu kelancaran aktivitas sehari-hari. Sehingga kita merasa terganggu dan tidak dapat konsentrasi untuk melakukan segala hal.

Mastalgia merupakan salah satu keadaan nyeri yang dapat timbul pada bagian area payudara. Kondisi tersebut pada umumnya seringkali ditemukan pada wanita payudara yang terasa lunak, serta munculnya rasa nyeri tajam atau terasa seperti terbakar pada payudara, maupun rasa kencang pada payudara, merupakan sebagian tanda dari penyakit mastalgia itu sendiri. Nyeri tersebut bisa bervariasi, mulai dari ringan hingga berat. Durasi nyeripun juga dapat berlangsung secara konstan atau hanya muncul secara singkat pada saat-saat tertentu saja. Berdasarkan durasi dan intensitas nyeri yang dirasakan oleh penderita, ada beberapa gejala yang membuat penyakit mastalgia dapat dibedakan menjadi:

  • Mastalgia yang terjadi satu minggu atau lebih di setiap bulannya. Berawal sebelum Anda mengalami menstruasi hingga siklus menstruasi selesai. Kondisi ini biasanya ditandai dengan rasa nyeri yang sedang hingga berat pada kedua payudara.
  • Mastalgia yang terjadi terus-menerus terjadi dan tidak berkaitan dengan siklus menstruasi Anda.
  • Mastalgia yang terjadi hanya beberapa hari dalam satu bulan, pada dua atau tiga hari sebelum Anda mengalami menstruasi. Ini merupakan keadaan yang normal dan biasanya ditandai dengan rasa nyeri yang ringan hingga sedang pada kedua payudara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *