Sate ayam bisa menjadi makanan pilihan yang anda buat untuk mengolah ayam. Ayam yang mudah didapatkan dan dijual dengan harga yang murah pastinya sering digunakan. Untuk itu anda bisa mengolah ayam menjadi makanan yang lebih enak dan juga berbeda. Jika biasanya anda mengolah ayam menjadi makanan yang biasa seperti sup ayam atau ayam goreng. Sekarang anda lebih baik berinovasi agar orang rumah tidak bosan. Anak anda juga akan menyukainya karena rasanya yang enak dan berbeda. Nah, sate ayam juga punya variasi olahan yang banyak. Tidak hanya satu variasi. Jadi anda bisa membuat  sate ayam denga bumbu dan jenis yang berbeda. Berikut berbagai olahan sate ayam tersebut.

Sate Ayam Maranggi

Olahan sate ayam yang bisa anda buat di rumah dengan mudah dan enak untuk anak anda adalah sate ayam maranggi. Sate ayam maranggi punya rasa yang lebih gurih dan juga lebih empuk. Sehingga anak anda akan sangat menyukainya.

Bahan-Bahan Untuk Sate Ayam Maranggi adalah ayam fillet 500 gram, ketumbar 1 sendok makan, bawang putih 5 siung, jahe 1 ruas, lengkuas 1 ruang, bawang merah 3 siung, kunyit 1 ruas, tusuk sate dan juga garam. Anda juga bisa menyiakan bahan untuk bumbu sate ayam maranggi yaitu kecap manis 3 sachet, tomat 1 buah, cabe rawit 6 buah dan bawang merah 4 siung.

Cara masak sate ayam maranggi adalah dengan memotong ayam filletnya menjadi potongan yang sedang. Potongan yang mudah ditusukkan ke tusuk sate. Selanjutnya anda sisihkan dulu. Kemudian anda haluskan semua bumbunya. Setelah itu rebus ayam dengan bumbu tersebut. Jangan terlalu lama merebusnya agr tidak hancur. Setelah itu anda tusukkan ke tusuk sate. Nah dipanggang hingg matang. Sekarang siapkan bumbu sate ayam maranggi dengan memotong bawang merah, cabe rawit dan tomat. Kemudian taruh di wadah dan masukkan kecap manisnya.

Sate Ayam Bumbu Kacang

Olahan sate ayam selanjutnya ini mungkin anda sering beli di pedagang kaki lima atau resto. Sekarang anda bisa coba memasaknya sendiri di rumah. Sate ayam bumbu kacang tidak sulit dibuatnya. Jadi anda tidak usah ragu.

Bahan-bahan yang anda siapkan untuk membuat sate ayam bumbu kacang adalah sate ayam 1 kg, kecap manis, jeruk nipis dan garam. Selanjutnya bahan bumbu kacangnya adalah kacang tanah 500 gram, kecap manis 2 sachet, bawang putih 4 siung, garam 1 sendok the, gula merah 3 buah, jeruk sambal, bawang merah 3 siung, dan jeruk sambal yang kecil 4 buah.

Cara masak sate ayam bumbu kacang adalah dengan anda potong-potong ayam lalu dimasukkan ke tusuk sate. Setiap tusuk sate, masukkan 5 buah ayam saja. Setelah itu anda balurkan dengan air jeruk nipis, garam dan juga kecap. Panggang ayamnya hingga matang. Sambil memanggang ayam, anda buat bumbu kacangnya. Anda goreng kacangnya lalu dihaluskan. Setelah itu anda tumis irisan bawang putih. berikan air, masukkan kacang tanah dan gula merah. Kemudian masak hingga kental. Setelah itu anda taruh di mangkuk besar. masukkan irisan bawang merah, tomat, dan jeruk sambalnya. Jika anda suka manis, masukkan lagi kecapnya. Jika anda suka pedas, tambahkan cabe rawit sesuai selera. Tetapi pisahkan dulu di mangkuk kecil untuk anak anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *