Sebagus apa kualitas lem pipa yang Anda gunakan jika tidak dibarengi dengan proses pengeleman yang benar maka dijamin sebentar lagi akan bocor. Hal seperti ini sudah pasti akan sangat merepotkan. Terlebih lagi jika pipa tersebut ditanam di dalam tembok atau di dalam tanah yang di atasnya sudah terpasang granit atau marmer.

Agar semua itu tidak Anda rasakan, sebenarnya ada triknya tersendiri. Dalam artian ada cara untuk membuat sambungan pada pipa PVC menempel dengan kuat. Prosedurnya bisa dilihat di bawah ini.

Tahap Pemotongan Pipa PVC

Sebelum merekatkan dengan lem khusus pipa PVC, biasanya pipa akan dipotong terlebih dahulu supaya pas ukurannya. Nah untuk pipa jenis PVC ini agar potongannya rapi disarankan untuk mengunakan gergaji khusus plastik atau gergaji besi juga bisa.

Jika Anda memilih menggunakan gergaji besi, usahakan yang bilahnya berukuran lebar. Hal ini dimakduskan agar potongan pipa PVC rata. Selain itu gergaji yang memiliki bilah berukuran besar akan memudahkan Anda saat menggunakannya.

Tahap Pengamplasan Pipa PVC

Setelah tahap pemotongan selesai, Anda bisa melanjutkan dengan menghaluskan pipa bekas gergaji dengan kertas amplas. Agar lebih optimal, caranya adalah dengan menggulung kertas amplas lalu dimasukkan ke dalam lubang pipa. Barulah setelah itu Anda bisa meneruskan dengan mengamplas pada bagian luar pipa.

Tahapan kedua ini sangat penting dilakukan. Kenapa demikian, jika ada bagian pralon PVC yang tidak rata maka akan menggangu proses penyembungan atau pengolesan lem pipa. Dan tidak hanya itu saja, potensi pipa tersumbat juga sangat besar. Hal ini disebabkan akan ada banyak kotoran yang menempel di sana.

Tahap Lap Pipa PVC

Sebelum lem dioleskan pada pipa, pastikan pipa dalam keadaan kering dengan cara mengelapnya. Sebab pipa yang kotor tidak bisa menempel secara sempurna ketika diolesi lem paralon. Selain itu pengelapan ini juga dilakukan pada bagian socket.

Tahap Pengeleman Pipa PVC

Setelah paralon PVC kering dan bersih, barulah tahap pengolesan lem bisa dilakukan. Setelah lem dioleskan sebaiknya langsung sambungkan pipa yang sudah diberi lem tadi. Lakukan dengan cepat sebelum lem mengering. Jangan lupa untuk menekan antar sambungan pipa dan tahan kira-kira 15 detik hinga lem pada pralon PVC mengering.

Proses pengolesan lem pralon sebaiknya dilakukan dengan sangat hati-hati dan penuh dengen ketelitian. Apalagi jika pipa akan ditanam di dalam tembok atau di dalam tanah. Meskipun paralon yang Anda gunakan merupakan pipa Rucika yang terkenal memiliki kualitas terbaik. Anda tetap harus sangat hati-hati dan teliti saat mengoleskan lem pipa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *